kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden kumpulkan seluruh wali kota, Ini yang dibahas


Senin, 23 Juli 2018 / 12:04 WIB
Presiden kumpulkan seluruh wali kota, Ini yang dibahas
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Presiden Joko Widodo mengumpulkan wali kota seluruh Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor hari ini, Senin (23/7). Dalam kesempatan ini Presiden ingin mendengarkan keluh kesah para wali kota dalam menghadapi persoalan-persoalan saat ini.

Dalam pengantarnya, Presiden mengatakan ada dua hal utama yang perlu diperhatikan. Pertama, permasalahan makro. Sebab, tekanan ekonomi terutama faktor eksternal saat ini sangat berpengaruh terhadap ekonomi nasional.

Seperti halnya isu perang dagang antara Amerika Serikat dengan China dan kenaikan suku bunga The Fed AS juga tidak dipungkiri bisa sangat mempengaruhi volatilitas ekonomi tak hanya di Indonesia tapi juga di negara lain.

"Saya kira kita tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi yang paling penting menurut saya kita tahu apa yang sedang terjadi," ungkap Presiden, Senin (23/7).

Kedua, antisipasi terhadap perubahan-perubahan cepat dunia yang saat ini sudah melanda semua negara. Termasuk revolusi industri 4.0 yang perubahannya sudah diprediksi dan menurut McKinsey Global Institute, perubahan revolusi industri keempat ini 3.000 kali lebih cepat dari revolusi industri yang pertama.

"Kita harus sadar betul bahwa akan terjadi perubahan besar yang sangat cepat sekali. Kota juga harus menyiapkan diri dalam mengantisipasi menyiapkan SDM-SDM dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," lanjut Presiden.

Presiden menekankan permasalahan SDM akan menjadi fokus pemerintah selanjutnya, setelah empat tahun ini pemerintah sangat berkonsentrasi dan fokus kepada infrastruktur. Misalnya terkait kemiskinan.

"Kalau kita lihat sekarang ini kemiskinan misalnya. Angka yang saya dapatkan memang kota lebih baik dari desa. Tapi kalau kita tidak mengantisipasi terutama yang berkaitan dengan perubahan-perubahan tadi di depan akan sangat berbahaya sekali bagi negara, juga bagi kota-kota di negara kita," jelas Presiden.

Saat ini pertemuan Presiden dengan para wali kota ini masih berlangsung. 

Sekadar tahu saja, kali ini Presiden membagi pertemuan dengan para wali kota dalam tiga sesi. Sesi pertama diagendakan pada pukul 09.00 WIB, sesi kedua 12.00 WIB, dan sesi ketiga pukul 15.00 WIB.

Untuk sesi pertama ini wali kota yang hadir berjumlah 32 orang, diantaranya yakni Wali Kota Tangerang, Wali Kota Surakarta, Wali Kota Yogyakarta, Wali Kota Metro, dan Wali Kota Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×