kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,35   -7,01   -0.75%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MUI belum beri label kehalalan kerudung


Kamis, 04 Februari 2016 / 14:25 WIB
MUI belum beri label kehalalan kerudung


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Direktur Lembaga Pengkajuan Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia, Lukmanul Hakim menyebutkan, MUI belum melakukan sertifikasi terhadap produk busana muslim tertentu.

Pernyataan tersebut diungkapkannya menyusul pengakuan dari label busana muslim Zoya yang mengejutkan banyak pihak setelah mengumumkan telah mendapat sertifikasi halal dari MUI untuk produk kerudungnya.

"Kami sendiri belum mendapat klarifikasi atau konfirmasi dari Zoya. Jadi kami belum ada (sertifikasi). Kami belum ada kontak dengan Zoya," ujar Lukmanul saat dihubungi, Kamis (4/2/2016).

Menurut Lukmanul, sejauh ini MUI hanya mengeluarkan sertifikasi halal untuk kain.

Sehingga, kata dia, jika Zoya mencantumkan logo halal mungkin yang dimaksud adalah produknya dibuat dari kain yang sudah bersertifikasi halal.

Namun, ia tak menutup kemungkinan akan memberikan sertifikasi halal untuk produk Zoya maupun pada produk sandang sejenisnya.

Lukmanul mengatakan, pemberian sertifikasi halal adalah amanat Undang-Undang Jaminan Produk Halal.

Dalam Undang-Undang tersebut, jelas dia, sertifikasi tak hanya untuk produk pangan dan obat-obatan, tetapi juga produk barang gunaan.

"Nah barang gunaan itu termasuk baju atau kerudung barangkali," kata dia.

Sebelumnya, melalui akun Instagram resmi Zoya, @zoyalovers, terdapat postingan pengumuman yang bertuliskan, "Kerudung bersertifikat halal pertama di Indonesia. Tahukah Anda? Yang membedakan antara kain yang halal dan haram adalah penggunaan emuslifer pada saat pencucian kain tersebut, untuk produk halal bahan pembuatan emuslifernya menggunakan tumbuhan sedangkan untuk yang tidak halal emuslifernya menggunakan gelatin babi."

Postingan tentang kerudung halal ini memancing beragam reaksi di dunia maya.

(Nabilla Tashandra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×