kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lima negara sepakat bentuk bursa komoditas Asia


Jumat, 14 September 2012 / 17:32 WIB
Lima negara sepakat bentuk bursa komoditas Asia
ILUSTRASI. Promo J.CO hari ini 27 Juli 2021 yang bertajuk Buy 1 Get 1 Treat sudah bisa Anda dapatkan. Dok: Instagram J.CO


Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Edy Can


JAKARTA. Indonesia dan empat negara Asia menyepakati rencana pembentukan bursa komoditas regional. Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan, kesepatan ini tercapai dalam pertemuan di Jepang beberapa waktu lalu.

Keempat negara itu yakni China, Thailand, Vietnam dan Jepang. “Mereka setuju namun ada beberapa kendala seperti perbedaan sistem perdagangan di setiap negara,” ujarnya kepada KONTAN, Jumat (14/9).

Salah satu kendala contohnya di China. Menurut Bayu, China tidak memberikan kebebasan negara lain bertransaksi. Karena itu, kelima negara akan kembali membahas rencana itu dan mengundang negara seperti Singapura dan Malaysia. Pertemuan itu dijadwalkan pada 2013 mendatang.

Bayu menjelaskan, pembentukan bursa komoditas regional sangat diperlukan untuk meninggalkan ketergantungan negara-negara Asia terhadap preferensi harga yang selama ini berasal dari bursa komoditas di London dan Amerika Serikat. Padahal, dia bilang mayoritas produksi dan konsumsi barang-barang komoditas berada di wilayah Asia.

Menurutnya, bursa komoditas akan menjadi sebuah solusi bagi adanya fluktuasi harga komoditas. Hal ini bisa terjadi karena bursa komoditas menggunakan sistem lindung nilai yang bisa menjadi alat penstabil harga.

Apa jenis komoditas yang akan diperdagangkan, Bayu bilang belum masuk dalam inti pembahasan. “Namun barang komoditas yang berpotensi masuk bursa seperti beras dan karet,” ujarnya.

Bayu juga mengaku optimis pembentukan bursa komoditas regional di Asia akan sangat bermanfaat bagi negara-negara di Asia. Ia mencatat, nilai kapitalisasi yang bisa didapat dari bursa komoditas di Asia bisa mencapai US$ 250 miliar per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×