kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenag klaim layanan haji tahun ini sudah 95%


Selasa, 25 April 2017 / 21:25 WIB
Kemenag klaim layanan haji tahun ini sudah 95%


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Kementerian Agama (Kemenag) tengah mempersiapkan kebutuhan dan pelayanan haji tahun 2017 atau 1438 hijriyah. Pihaknya mengklaim persiapan pelayanan haji di Mekah dan Madinah sudah mencapai 95%.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mengatakan kini tinggal menyisakan permasalahan pemondokan, transportasi dan katering yang masih butuh negosiasi. "Secara umum persiapan haji sudah on the track sebab yang terkait pelayanan di Mekah dan Madinah nyaris selesai,"kata Nur Syam pada KONTAN, Senin (24/4).

Ia bilang, kendala yang sedikit tersisa karena masih ada perumahan di Madinah yang belum diselesaikan. Dan juga mengingat tahun ini kuota haji Indonesia ditambah menjadi 220 ribu jemaah maka secara langsung berdampak pada kesulitan mencari tambahan pemondokan jemaah.

"Jadi tambahan jemaah ini kan juga tidak mudah, tapi yakinlah tim yang kita kirim dan petugas sudah punya pengalaman bertahun-tahun , Insya Allah tidak ada masalah yang krusial," pungkas Nur Syam.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menyatakan masih ada beberapa hal yang Kementerian Agama harus perbaiki dalam layanan haji tahun ini.

Paling tidak, kata Sodik ada tiga permasalahan utama yang harus diatasi,antara lain mengenai bimbingan ibadah, perlindungan dan keamanan jemaah haji, kemudian ihwal penyediaan dan pelayanan fasilitas.

"Inilah yang selama ini menjadi masalah, karena background dan kompetensi sumber daya manusia di Kementerian Agama bukan di bidang tersebut," kata Sodik.

Selain itu, Sodik bilang diperlukan pengawasan kualitas kepada fasilitas-fasilitas yang telah direncanakan dan ditetapkan agar berjalan dengan baik.

"Diperlukan pengawasan agar sesuai standar seperti kualitas makan, pemondokan dan transportasi," pungkas Sodik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×