: WIB    --   
indikator  I  

Darmin: Jangan terlalu risau penerimaan pajak

Darmin: Jangan terlalu risau penerimaan pajak

KONTAN.CO.ID - Dari awal tahun sampai 31 Agustus 2017, realisasi penerimaan pajak 53,5% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar Rp 1.283,57 triliun. Sementara pencapaian hanya Rp 685,6 triliun atau tumbuh 10,23% dibandingkan tahun lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui, pencapaian penerimaan pajak tersebut tidak sesuai dengan harapan. Namun demikian, menurut dia, di balik penerimaan yang belum cukup ini ada beberapa hal yang saling berkaitan.

“Memang penerimaan tidak cukup seperti harapan kami, tapi ya ini kan ada hubungannya dengan baru bayar tax amnesty. Ada juga hubungannya dengan perkembangan ekonomi, jadi macam-macam,” katanya di Gedung DPR RI, Rabu (13/9).

Darmin mengatakan, meski tidak sesuai harapan, tetapi tidak perlu terlalu risau. Pasalnya, pemerintah tengah menjalani berbagai langkah reformasi perpajakan yang diharapkan dapat membantu mendorong penerimaan pajak.

“Jangan terlalu risau, kami sedang siapkan juga perubahan IT dari perpajakan supaya pajaknya kemudian lebih efektif collect-nya,” ujar dia.

Meski demikian, ia mengakui beberapa langkah yang dilakukan pemerintah bukan untuk pengamanan penerimaan dalam jangka pendek. Namun, ia berharap dengan sedang dilakukannya persiapan perbaikan IT di Ditjen Pajak saat ini, efeknya ke penerimaan pajak bisa lebih cepat.

“Walaupun itu bukan jangka pendek, tetapi dari kami bukan sistem IT yang dibuat dari nol, tetapi internasional dan dimodifikasi jadi bisa cepat,” ucapnya.


Reporter Ghina Ghaliya Quddus
Editor Yudho Winarto

PAJAK

Feedback   ↑ x
Close [X]