kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

16 Pemprov raih bantuan PSU Rp 97,95 miliar


Jumat, 25 Agustus 2017 / 20:28 WIB
16 Pemprov raih bantuan PSU Rp 97,95 miliar


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menyerahkan bantuan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) umum kepada 16 pemerintah provinsi di 35 kabupaten/ kota. Total nilai bantuan PSU sebesar Rp 97,95 miliar.

Direktur Rumah Umum dan Komersial, Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan Kemenpupera, Dadang Rukmana mengatakan, jumlah PSU yang diberikan sebanyak 18.733 di 109 perumahan. Ia mengatakan, PSU merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan perumahan.

"Penyedian PSU adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan rumah keseluruhan. PSU merupakan kelengkapan dasar fisik lingkungan, fasilitas dan sarana penunjang untuk pelayanan lingkungan perumahan," kata Dadang di auditorium Kemenpupera, Jakarta Selatan, Kamis (24/8).

Bantuan PSU perlu diserahkan ke pemerintah daerah supaya pengelolaan dan pemeliharaannya terjaga dengan baik. Di samping itu, pemerintah pusat tengah menjalankan berbagai ketentuan terkait barang milik negara.

"Komponen fisik bantuan PSU merupakan aset pemerintah yang menggunakan APBN, maka wajib dilihkan kepada pemerintah daerah atau instansi penerima bantuan melalui hibah," jelas Dadang.

Lebih lanjut, dalam Peraturan Menteri (Permen) PU Nomor 38 tahun 2015 disebutkan, bantuan PSU untuk perumahan umum berupa rumah tunggal, rumah deret, dan rumah susun meliputi beberapa jenis komponen. Antara lain, jalan, ruang terbuka non hijau, sanitasi, air minum, rumah ibadah, jaringan listrik, serta penerangan jalan umum.

Sebagai informasi, pemerintah memberikan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) dengan sasaran masyarakat berpengahasilan rendah (MBR). Adanya bantuan PSU ini diharapkan dapat memberikan hunian yang layak serta merangsang pengembang membangun rumah.

"PSU sendiri juga punya peran sebagai stimulan. Artinya, PSU diharapkan mendorong pengembang makin bayak membangun rumah," ungkap Dadang.

Ia memaparkan, dalam 3 tahun terakhir, bantuan PSU telah disalurkan ke sekitar 72.000 unit rumah di seluruh Indonesia. Bantuan PSU yang diberikan kepada pengembang, nilai setiap unit rumah mencapai Rp 6,2 juta. Bantuan PSU itu digunakan untuk membangun berbagai komponen seperti jalan, ruang terbuka non hijau, sanitasi, air minum, rumah ibadah, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×