kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jusuf Kalla akan hadiri KTT D-8 di Turki


Rabu, 18 Oktober 2017 / 23:31 WIB
Jusuf Kalla akan hadiri KTT D-8 di Turki


Sumber: Kompas.com | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-9 Kelompok Delapan Negara Berkembang (D-8) di Istanbul, Turki pada 17-20 Oktober 2019.

Menurut Kalla, KTT D-8 adalah kumpulan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yakni Bangladesh, Mesir, Indonesia, Iran, Malaysia, Nigeria, Pakistan dan Turki.

KTT D-8 tersebut akan fokus membahas mengenai perdagangan dan saling tukar pengalaman serta teknologi.

Nantinya, KTT D-8 juga akan mengeluarkan Deklarasi Istanbul, Rencana Aksi Istanbul dan penandatanganan MoU antara D-8 dengan Islamic Development Bank (IDB).

"Delapan negara-negara Islam berkembang dan besar akan kerja sama baik di bidang industri, perdagangan, investasi, juga saling menukar pengalaman," kata Kalla dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10).

Kalla juga mengungkapkan peran Indonesia dalam kelompok D-8. Ketika itu, Dipo Alam ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) D-8 pertama yang bertugas 2009-2012.

"Indonesia pernah jadi Sekjen lama, lima tahun itu, jadi sekretariatnya di Turki," ucap Kalla.

Terbentuknya kelompok D-8, kata Kalla, awalnya diinisiasi oleh Turki pada 15 Juni 1997. Kelompok D-8 dibentuk agar negara Islam dapat bersatu, bukan hanya soal politik, tetapi juga ekonomi dan ilmu pengetahuan.

"D-8 bertransformasi menjadi kelompok yang tidak bersifat eksklusif keagamaan dan ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat anggotanya melalui pembangunan ekonomi dan sosial," ujarnya.

Usai menghadiri kegiatan acara KTT D-8, Kalla juga dijadwalkan akan melaksanakan ibadah umrah di Arab Saudi sebelum kembali ke Jakarta pada Senin (23/10). (M. Nadlir)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Wapres Jusuf Kalla Akan Hadiri KTT D-8 di Turki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×