kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bappenas klaim tol laut sudah mulai beroperasi


Kamis, 26 Maret 2015 / 14:48 WIB
Bappenas klaim tol laut sudah mulai beroperasi
ILUSTRASI. Kerang dara. Menu nasi goreng dengan cita rasa laut, yaitu Nasi Goreng Kerang Dara, sangat simple dan praktis untuk dibuat


Reporter: Agus Triyono | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Pemerintah mengklaim saat ini sudah mengoperasikan dua rute pelayaran yang masuk dalam proyek tol laut Jokowi. Dua rute itu adalah Rute Sorong- Waisai dan rute Surabaya-Makassar.

Bambang Prihartono, Direktur Transportasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas mengatakan, dua rute pelayaran tersebut sudah melayani pelayaran berjadual dengan rute pendek. "Sudah melayani angkutan manusia dan logistik oleh PT Pelni," kata Bambang, Kamis (26/3).

Bambang berharap, operasi tol laut di ke dua rute tersebut bisa mendorong perusahaan swasta untuk berani melayani rute- rute berjadual lain. Seperti diketahui, program tol laut menjadi salah satu visi Presiden Jokowi untuk menekan biaya logistik. Program ini juga diharapkan akan menyatukan wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. 

Pemerintah berancana akan membangun 24 pelabuhan untuk mendurung proyek tersebut. Dari catatan Bappenas, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun 24 pelabuhan tersebut mencapai Rp 39,5 triliun.

Sebanyak 24 pelabuhan yang akan dibangun ialah Banda Aceh (Rp 1 triliun), Kuala Tanjung (Rp 3 triliun), Belawan (Rp 3 triliun), Dumai (Rp 1,5 triliun), Batam (Rp 3 triliun), Padang (Rp 1,5 triliun), Pangkal Pinang (Rp 1,5 triliun), serta Panjang (Rp 1,5 triliun).

Adapun pelabuhan yang dibangun di Pulau Jawa ialah Tanjung Priok, Cilacap, dan Tanjung Perak, masing-masing Rp 1,5 triliun. Di Kalimantan, pelabuhan yang dibangun ialah Pontianak (Rp 1,5 triliun), Palangkaraya (Rp 1 triliun), Banjarmasin (Rp 1,5 triliun), serta Maloy (Rp 1 triliun).

Pelabuhan lain yang akan dibangun ialah Lombok, Kupang, Makassar, masing-masing Rp 1,5 triliun, serta Bitung (Rp 3 triliun), Halmahera (Rp 1,5 triliun), Ambon (Rp 1 triliun), Sorong (Rp 1,5 triliun), Jayapura (Rp 1 triliun), serta Merauke (Rp 1,5 triliun).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×