kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wiranto: Sebanyak 11 pos lintas batas negara (PLBN) siap dibangun tahun ini


Senin, 28 Januari 2019 / 11:49 WIB
Wiranto: Sebanyak 11 pos lintas batas negara (PLBN) siap dibangun tahun ini


Reporter: kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, sebanyak 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) siap dibangun pada 2019. 

Wiranto menjelaskan, sebagai landasan hukum pembangunan 11 PLBN itu, pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan. 

"Kita sudah berhasil membangun tujuh pos di tahun 2018. Dan tahun 2019, kita masih punya tugas membangun 11 pos. Dengan pengalaman di tahun 2018, saya yakin kita bisa selesaikan 11 pos ini di tahun 2019," kata Wiranto saat menghadiri Rapat Koordinasj Pengendalian dan Pembangunan Perbatasan Negara Tahun 2019, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (28/1). 

Sebanyak 11 PLBN tersebut akan dibangun di 5 provinsi, yakni Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Papua, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Wiranto berharap, dengan terbitnya Inpres tersebut, ia mengarahkan 11 PLBN dibangun dengan berbagai aspek pendukung, di antaranya mengoptimalkan penugasan TNI dan Polri pada pos-pos pengamanan dengan sarana dan prasarana yang memadai. 

"Selain itu juga ada aspek pendukung seperti infrastruktur jalan, jaringan listrik, telekomunikasi, sekolah, pasar, dan kebutuhan sosial lainnya," kata Wiranto. 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pembangunan 11 PLBN sangat penting bagi Indonesia dalam meningkatkan kinerja pengelolaan perbatasan negara, yang ditandai dengan peningkatan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergitas antar pemangku kepentingan. 

"Gubernur dan bupati/walikota di lima provinsi tersebut harus memberikan dukungan, antara lain koordinasi dan penyiapan lahan, pengalihan atau hibah aset, percepat proses perizinan, dan fasilitasi pembangunanya," ujar Tjahjo. 

Berikut 11 pos lintas batas yang akan dibangun pada 2019: 
1. Kecamatan Serasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau 
2. Kecamatan Kagok Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat 
3. Jasa-Sei Kelik, Kabupaten Sintang, Kalimatan Utara 
4. Long Nawang, Kabupaten Malinau, Kalimatan Utara 
5. Long Midang Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimatan Utara 
6. Labang, Kabupaten Nunukan, Kalimatan Utara 
7. Sei Pancang, Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimatan Utara 
8. Oepoli, Kupang, Nusa Tenggara Timur 
9. Napan, Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur 
10. Sota, Kabupaten Merauke, Papua 
11. Yetetkun, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

(Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Terbitkan Inpres, 11 Pos Lintas Batas Negara Dibangun pada 2019"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×