kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! 131 Kabupaten/kota catat lonjakan kasus Covid-19


Jumat, 05 November 2021 / 05:41 WIB
Waspada! 131 Kabupaten/kota catat lonjakan kasus Covid-19
ILUSTRASI. Dari evaluasi PPKM, ditemukan ada 131 Kabupaten/Kota tunjukkan tren kenaikan kasus COVID-19.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini banyak daerah di Indonesia yang mengalami penurunan kasus COVID-19. Namun dari evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), ditemukan juga 131 Kabupaten/Kota tunjukkan tren kenaikan kasus COVID-19.

"Angka nasional penularan terjadi penurunan, tetapi ada sekitar 131 kabupaten/kota yang mengalami tren naik, di samping ada beberapa kabupaten/kota juga mengalami penurunan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Senin (1/11/2021). 

Angka tersebut naik dibandingan dengan yang disampaikan pemerintah pada minggu lalu. 

Dalam rapat terbatas antara Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri, Senin (25/10/2021), terungkap bahwa 105 kabupaten/kota mengalami tren kenaikan kasus COVID-19. 

Muhadjir tak merinci 113 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan kasus virus corona. Namun, ia mengatakan, pemerintah akan memberi perhatian khusus pada Provinsi Bali. 

Baca Juga: Waduh, Kemenkes sebut 22 mutasi Covid-19 varian Delta sudah ditemukan di Indonesia

Sebab, pada Maret, Mei, dan sepanjang tahun 2022 akan digelar acara-acara besar berskala internasional yang mengundang banyak pimpinan negara sahabat di provinsi tersebut. 

Oleh karena itu, akan dilakukan uji coba acara internasional di Bali oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini supaya pemerintah daerah setempat dapat mengantisipasi langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah penularan virus. 

"Walaupun penurunan penularan Covid-19 sudah bagus tetapi kita juga harus terus waspada," ucap Muhadjir. 

Untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus secara nasional, pemerintah akan memberlakukan sejumlah aturan pembatasan jelang libur Natal dan tahun baru. Aturan itu berkaitan dengan mobilitas masyarakat di tempat wisata, pertokoan, tempat peribadatan, dan lainnya. 

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 4 November: Ada penambahan vaksinasi 1,73 juta dosis

Muhadjir pun meminta seluruh pihak tetap berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

"Langkah tersebut ditetapkan diperkuat dengan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yaitu 3T, tracing, tracking, dan treatment," kata dia.

Satgas Penanganan Covid-19 juga berharap masyarakat ikut membantu percepatan program vaksinasi nasional agar bisa mencapai kekebalan komunal (herd immunity). Targetnya, akhir tahun 2021 setidaknya 60% target sasaran vaksinasi mendapatkan dosis lengkap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Covid-19 Meningkat di 113 Kabupaten/Kota, Naik Dibandingkan Pekan Lalu"
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Icha Rastika

Selanjutnya: UPDATE Corona Indonesia, 4 November: Tambah 628 kasus baru, tetap jaga prokes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×