kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Wamenkeu Suahasil Nazara Minta K/L Fleksibel dan Responsif dalam Mengelola Anggaran


Selasa, 05 Juli 2022 / 18:36 WIB
Wamenkeu Suahasil Nazara Minta K/L Fleksibel dan Responsif dalam Mengelola Anggaran
ILUSTRASI. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara Minta K/L Fleksibel dan Responsif dalam Mengelola Anggaran


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) meminta setiap Kementerian/Lembaga untuk fleksibel, antisipatif, dan responsif dalam mengelola anggarannya di tengah berbagai tantangan ekonomi yang saat ini dialami Indonesia.

“Mengelola anggaran di Kementerian Lembaga harus fleksibel, harus antisipatif, dan harus responsif. Kita mencoba menerapkan tiga prinsip itu di dalam konteks anggaran pendapatan belanja negara secara keseluruhan. Di Kementerian/Lembaga juga di Pemerintah Daerah harus menerapkan itu di anggaran masing-masing,” ujar Wamenkeu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/7).

Suahasil mengatakan, dalam menerapkan tiga prinsip pengelolaan anggaran tersebut, Kementerian/Lembaga harus memegang betul anggaran mana yang menjadi prioritas sepanjang tahun.

Baca Juga: Wamenkeu: Sinergi dan Kolaborasi Kunci Atasi Masalah Ekonomi di Indonesia

Dia menceritakan pengalaman tahun lalu ketika pemerintah melakukan empat kali refocusing anggaran yang merupakan upaya reprioritisasi anggaran. Harapannya, tahun ini K/L juga melakukan penajaman anggaran dengan fokus kepada program prioritas.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa fleksibilitas dan efisiensi anggaran di setiap K/L diperlukan dalam situasi yang penuh ketidakpastian akibat pandemi dan tantangan geopolitik.

“Di sinilah peran Ibu Bapak sekalian kalau kita lihat orkestrasinya secara keseluruhan. Ibu Bapak menjaga Kementerian Lembaga supaya tetap efisien dengan sistem perencanaan dan penganggaran yang baik,” imbuhnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×