kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Viral menteri muda, siapakah menteri termuda di Kabinet Kerja saat ini?


Kamis, 15 Agustus 2019 / 16:01 WIB
Viral menteri muda, siapakah menteri termuda di Kabinet Kerja saat ini?
ILUSTRASI. Menko PMK Puan Maharani berbincang dengan Mensos Agus Gumiwang


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pernyataan Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo mengenai sosok calon menteri yang akan duduk di kabinet barunya bersama KH Ma'ruf Amin memunculkan sejumlah spekulasi. Salah satunya, pernyataan Jokowi yang menyebutkan bahwa akan ada menteri berusia di bawah 30 tahun yang duduk di kabinet selanjutnya.

Sejumlah nama pun muncul, menebak siapa kira-kira yang akan ditarik Jokowi sebagai menteri dari kalangan anak muda. Wacana menteri berusia muda beberapa kali dilontarkan Jokowi.

Jokowi pernah mengatakan, akan menarik sosok-sosok muda baik dari kalangan politisi maupun profesional untuk memimpin sebuah kementerian. Komposisi kabinet yang akan diisi dengan sosok muda ini dianggap terobosan baru, mengingat para menteri yang duduk di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla saat ini mayoritas "senior".

Baca Juga: Jokowi tambah posisi menteri di kabinet mendatang

Melihat komposisi menteri-menteri kabinet saat ini, siapa dan usia berapa yang termuda?

1. Puan Maharani

Jika melihat data tahun dan tanggal kelahiran para menteri, menteri termuda, berusia 45 tahun yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. Putri dari Presiden ke-4 Indonesia Megawati Soekarnoputri ini lahir di Jakarta, 6 September 1973.

2. Imam Nahrawi

Setahun di atas Puan, menteri termuda di kabinet saat ini adalah Meneteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang berusia 46 tahun. Imam lahir di Bangkalan, Madura, pada 8 Juli 1973.

Baca Juga: Strategi Jokowi menyusun kabinet

3. Muhammad Hanif Dhakiri

Di urutan ketiga adalah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri yang lahir pada 6 Juni 1972 yang kini menginjak usia 47 tahun.

Di luar ketiga nama tersebut, rata-rata menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK berusia 50-60 tahun-an. Sebelumnya, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8) Jokowi menyebut ada calon menteri yang berusia 30-35 tahun, bahkan di bawah 30 tahun.

Baca Juga: Menanti menteri muda berusia di bawah 30 tahun di kabinet baru Jokowi

“Mereka berasal dari profesional, bukan partai. Punya pengalaman manajerial yang kuat. Tetapi saya mempertimbangkan kemampuan manajerialnya. Ada yang sangat percaya diri, tapi lemah manajerialnya,” kata Jokowi, seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Siapakah sosok menteri muda berusia di bawah 30 tahun itu? Saat ini, hanya Jokowi yang tahu jawabannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi dan Calon Menteri Muda, di Kabinet Sekarang Siapa yang Termuda?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×