kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksinasi pelaku UMKM, Teten Masduki tinjau vaksinasi anggota KPBS Pangalengan


Minggu, 08 Agustus 2021 / 16:28 WIB
Vaksinasi pelaku UMKM, Teten Masduki tinjau vaksinasi anggota KPBS Pangalengan
Menkop UKM?Teten Masduki tinjau vaksinasi anggota KPBS Pangalengan.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung Selatan Sabtu (7/8). Pada kunjungannya tersebut, Teten mendatangi kantor Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS), tempat diadakan kegiatan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi yang diadakan sebagai bentuk kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM melalui BLU Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), KPBS Pangalengan, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Adapun jumlah peserta kurang lebih 1000 orang yang berasal dari anggota KPBS dan masyarakat setempat. Teten mengapresiasi inisiasi vaksin yang diselenggarakan oleh LPDB-KUMKM, KPBS Pangalengan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: BLT UMKM tahap 3 sudah cair, cek daftar penerima di eform.bri.co.id

"Vaksinasi merupakan salah satu kunci pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, saya mengajak masyarakat luas untuk segera mendapatkan vaksin, agar herd immunity nasional segera terbentuk, dan pemulihan ekonomi dapat segera tercapai," ujar Teten dalam keterangan resmi, Minggu (8/8).

Terlebih saat ini Indonesia sedang mengalami tantangan dalam menghadapi pandemi yang dampaknya sangat terasa terhadap kehidupan masyarakat dan perekonomian. "Kami akan terus mendukung aneka program vaksinasi di seluruh Indonesia. Terutama, bagi para pelaku UMKM," imbuhnya.

Kementerian Koperasi dan UKM tengah menggencarkan vaksinasi bagi para pelaku usaha, khususnya koperasi dan UMKM. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung akselerasi pemulihan kesehatan dan ekonomi Indonesia.

Untuk mensukseskan program tersebut, KemenkopUKM bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan fasilitas vaksinasi di berbagai daerah. Langkah ini juga diikuti oleh LPDB-KUMKM.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, vaksinasi yang diadakan sebagai bentuk kolaborasi antara pihaknya, KPBS Pangalengan, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah dalam mencapai target 80% vaksinasi dari total penduduk Indonesia.

Selain di Pangalengan, LPDB-KUMKM telah mengadakan vaksinasi Covid-19 hingga dosis kedua di kantornya, Jalan Letjen MT Haryono, Jakarta Selatan pada bulan Juli dan awal Agustus 2021.

Baca Juga: Menkop UKM dukung percepatan vaksinasi bagi UMKM Indonesia

“Kemudian ke depan kita juga akan melaksanakan bersama mitra yang rencananya di Serang, Bogor, Bekasi, karena pengadaan vaksin itu semua akan didesentralisasi di daerah-daerah, jadi kita bersama-sama,” terang dia.

Ketua KPBS Aun Gunawan mengatakan kegiatan vaksinasi ini akan berlangsung selama dua hari dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pihaknya tak hanya melibatkan anggota koperasi, vaksinasi ini juga terbuka bagi masyarakat sekitar yang belum sama sekali divaksin.

“Penduduk Pangalengan 150.000, makanya kami bersama Pak Camat bagaimana dorongan dari pak gubernur termasuk mungkin dari pusat bahwa Desember ini bisa tercapai syukur-syukur 50%,” kata Aun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×