kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Upaya naikan kelas UMKM, Blibli.com sinergi dengan Kemenkop dan UKM


Jumat, 13 Desember 2019 / 15:06 WIB
Upaya naikan kelas UMKM, Blibli.com sinergi dengan Kemenkop dan UKM
Pertemuan Blibli.com dengan Menteri Koperasi dan UKM.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Blibli bersinergi dengan Pemerintah khususnya Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengadakan pelatihan bagi UMKM. Beragam kegiatan pelatihan itu diadakan dalam upaya untuk menaikkelaskan UKM.

Blibli.com Kusumo Martanto usai melakukan pertemuan dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada Rabu 11 Desember lalu, menyebut bahwa visinya dengan Kemekop dan UKM satu jalan dalam membuat UMKM naik kelas.

Baca Juga: Jelang Harbolnas 12.12, simak promo Blibli.com dan Shopee berikut ini

Blibli.com sendiri memiliki 60 ribu UKM yang merupakan peserta perlombaan Big Start. Setelah mengikuti tahapan perlombaan, UKM Big Start selanjutnya akan dibina melalui program pelatihan yang materinya meliputi pelatihan mengatur konsistensi produksi, membuat packaging yang menarik, penjualan online, dan manajemen keuangan.

“Kita visinya sama yaitu ingin memajukan UKM Indonesia. Kita sangat happy untuk melakukan kerja sama yang konkrit dengan Kemenkop dan UKM supaya UKM bisa naik kelas,” terang Kusomo dalam siaran pers tertulis yang diterima KONTAN pada Jumat (13/12).

Pendanaan juga menjadi poin yang dibahas Kemenkop dan UKM bersama Blibli.com selain pelatihan. UKM binaan Blibli.com berharap adanya dukungan perkuatan modal usaha dari Kemenkop dan UKM agar usaha mereka tetap berkelanjutan, bahkan bisa ekspor ke pasar keluar negeri.

“Pelatihan ini bagaimana UKM bisa ekspor sehingga menjadi kebanggaan orang Indonesia. Bangga juga bahwa yang awalnya UKM bisa, sekarang sudah naik kelas menjadi industri, terus bisa global. Pak Menteri sambut positif karena melihat ada e-commerce seperti Blibli.com serius menggarap UKM,” katanya.

Asisten Deputi Pemasaran, Kemenkop dan UKM Destry Anna Sari mengatakan UKM yang sukses menjalankan kegiatan usahanya setelah mengikuti pelatihan nantinya akan dijadikan sebagai role model sehingga nantinya bisa memotivasi UKM.

Baca Juga: Catat! Ini promosi kartu kredit CIMB Niaga dan Bank Mandiri di akhir tahun

Arahan Teten yang disampaikan Destry ialah meminta beberapa data signifikan dari sekitar 500 UKM yang sudah pilihan Big Start selama 4 tahun berturut-turut. Nantinya dari data tersebut, bagi UMKM yang naik kelas akan menjadi role model. "Jadi kisah sukses, jadi trigger buat UKM lain bahwa nilai peningkatan yang nyata itu perlu dishare ke masyarakat,” tutur Destry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×