kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Turut Antarkan Calon Panglima TNI Fit and Proper Test, Kapolri Beberkan Alasannya


Jumat, 02 Desember 2022 / 16:40 WIB
Turut Antarkan Calon Panglima TNI Fit and Proper Test, Kapolri Beberkan Alasannya
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono berjabat tangan dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo disaksikan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman usai uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR (2/12/2022).


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terlihat mengantarkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR RI, Jakarta, Jumat (2/12/2022). 

Selain Listyo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo juga turut mengantarkan Yudo menjalani tahapan ini. 

Dengan demikian, setidaknya ada tiga perwira tinggi bintang empat dari institusi TNI dan Polri yang mendampingi Yudo. Sementara, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tak terlihat dalam pendampingan ini. 

"(Panglima) ada acara," singkat Yudo saat ditemui di Gedung DPR, Jumat siang. 

Baca Juga: Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menyampaikan bahwa TNI dan Polri harus terus solid setiap waktu. Sehingga, dirinya pun mendampingi Laksamana Yudo Margono yang menjalani fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di Gedung DPR, Jumat (2/12/2022). 

"Jadi Bapak Presiden sudah menyampaikan berulang-ulang bahwa TNI-Polri harus selalu solid, harus selalu sinergi, dan tentunya amanah. Dan pesan dari Bapak Presiden tersebut selalu kita jaga," ujar Sigit saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. 

Ia pun menjelaskan, pendampingan yang dia lakukan hari ini terhadap Yudo adalah bukti bahwa TNI-Polri solid. Kali pertama di era pemerintahan Presiden Jokowi Kehadiran Listyo ini merupakan kali pertama seorang Kapolri mendampingi calon Panglima TNI untuk menjalani uji kelayakan. 

Catatan itu setidaknya terjadi di era pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak 2014. Saat Jenderal Gatot Nurmantyo menjalani uji kelayakan sebagai calon Panglima TNI pada 2015, ketika itu tak ada pendampingan dari kepala staf angkatan, begitu juga dengan Kapolri. Adapun Gatot saat menjalani fit and proper test menjabat sebagai KSAD.

Baca Juga: Komisi I DPR Tunggu Penugasan Bamus untuk Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Selanjutnya, pada 2017, Marsekal Hadi Tjahjanto yang dicalonkan menjadi Panglima TNI. Saat fit and proper test, Hadi yang kala itu masih menjabat KSAU didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAL Laksamana Ade Supandi, dan KSAD Jenderal Mulyono. 

Saat itu, tak ada Kapolri dalam pendampingan Hadi menjalani uji kelayakan di Komisi I DPR RI. Bahkan, ketika Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjalani uji kelayakan tahun lalu, ia hanya datang seorang diri tanpa didampingi Panglima TNI dan kepala staf angkatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketika Kapolri Antarkan Calon Panglima TNI "Fit And Proper Test", Kali Pertama di Era Jokowi "
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Bagus Santosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×