kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga tunggal putra Indonesia tempati 10 besar dunia


Senin, 04 Februari 2019 / 13:22 WIB
Tiga tunggal putra Indonesia tempati 10 besar dunia

Reporter: kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia kini memiliki tiga pebulu tangkis tunggal putra yang menduduki posisi 10 besar dunia menyusul keberhasilan Jonatan Christie memperbaiki peringkat. 

Berdasarkan ranking dunia terbaru yang dirilis Badminton World Federation (BWF) pada pekan lalu, Jonatan Christie telah naik ke peringkat ke-9 dunia. Peringkat Jojo, sapaan Jonatan Christie, naik setelah berhasil lolos ke semifinal Indonesia Masters 2019, Januari lalu. 


Pebulu tangkis peringkat ke-21 tahun itu membuat kejutan dengan mengalahkan Shi Yuqi (China) yang merupakan unggulan kedua di Indonesia Masters 2019. 

Namun, Jojo belum bisa menjadi juara Indonesia Masters 2019 setelah langkahnya dihentikan oleh Anders Antonsen (Denmark) di semifinal. Sementara itu, hal sebaliknya menimpa Anthony Sinisuka Ginting. Peringkat dunia Ginting harus turun satu peringkat ke nomor delapan dunia.

Meski demikian, penampilan peraih medali perunggu Asian Games 2018 itu masih dapat dikatakan cukup konsisten. Pada dua turnamen awal tahun 2019 yang diikutinya, Ginting selalu mampu menembus fase perempat final. 

Sementara itu, satu tunggal putra lainnya Indonesia di peringkat 10 besar dunia adalah Tommy Sugiarto. Meski sudah tak menghuni pelatnas dan bermain secara profesional, Tommy masih menunjukkan kehebatannya dengan bertengger di nomor 10 dunia. 

Peringkat yang dirilis oleh BWF pekan ini kemungkinan besar akan stabil hingga pekan keenam kalender BWF. Hal tersebut dapat terjadi karena turnamen terdekat yang diselenggarakan BWF masih akan digelar pertengahan pada Februari 2019. (Tri Indriawati)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ranking Jonatan Naik, 3 Tunggal Putra Indonesia Tempati 10 Besar Dunia"



Video Pilihan

TERBARU

×