kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terkait Termorex Sirup, BPOM: Penarikan Hanya untuk Bets Tertentu


Minggu, 23 Oktober 2022 / 20:15 WIB
Terkait Termorex Sirup, BPOM: Penarikan Hanya untuk Bets Tertentu
Apoteker memeriksa stok obat sirop yang terindikasi mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) diatas ambang batas, untuk ditarik dan dikembalikan kepada distributor di Apotek Samudra Farma, Purwokerto, Banyumas, Jateng, Jumat (21/10/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan pengembangan dan penelusuran lebih lanjut atas temuan cemaran etilen glikol (EG) pada lima obat sirup.

Dalam rilis sebelumnya, BPOM mengatakan terdapat temuan EG yang melebihi ambang batas aman pada lima produk sirup obat yakni, Termorex Sirup, Flurin DMP Sirup, Unibebi Cough Sirup, Unibebi Demam Sirup, Unibebi Demam Drops.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan bahwa untuk Termorex produksi PT Konimex yang sebelumnya dinyatakan tidak aman, pada penelusuran lebih lanjut bahwa penarikan hanya pada bets tertentu. Bets adalah waktu periode produksi yang sama.

Baca Juga: Konimex: Seluruh Obat Sirup yang Kami Produksi Tak Gunakan Bahan Baku EG dan DEG

"Penarikan [Termorex Sirup] hanya untuk bets tertentu. Artinya yang lainnya aman, hanya yang bets itu saja. Karena didapatkan di bets lainnya itu tidak melebihi ambang batas," jelas Penny dalam Konferensi Pers, Minggu (23/10).

Sedangkan, berdasarkan penelusuran data registrasi untuk sirup obat dan juga drops, dari 133 produk sirup obat yang terdaftar di BPOM tidak menggunakan empat pelarut yakni propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, gliserin dan atau gliserol. Sehingga Penny menyebut aman digunakan sepanjang memenuhi aturan pakai.

Penny menjelaskan, berdasarkan persyaratan yang ditetapkan semua registrasi produk sirup obat untuk anak dan dewasa tidak diperbolehkan menggunakan EG dan DEG sebagai bahan baku.

Baca Juga: BPOM Temukan Produk Termorex Sirup Mengandung Zat Berbahaya, Ini Bantahan Konimex

Penny menjelaskan dua senyawa tersebut dimungkinkan ada karena akibat proses sintetis kimia yang berlangsung sehingga menjadi senyawa pencemar.

Adapun cemaran EG dan DEG pada sirup obat kemungkinan berasal dari empat bahan tambahan, yakni propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, gliserin dan atau gliserol




TERBARU

[X]
×