kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terapkan protokol kesehatan, jumlah kehadiran fisik sidang tahunan MPR/DPR dibatasi


Jumat, 14 Agustus 2020 / 09:41 WIB
Terapkan protokol kesehatan, jumlah kehadiran fisik sidang tahunan MPR/DPR dibatasi


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. MPR, DPR, dan DPD, menggelar sidang tahunan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) pagi ini. Pantauan Kompas.com melalui siaran langsung TV Parlemen, ruang sidang yang berada di Gedung Nusantara tidak terisi penuh. Hal ini mengingat pembatasan yang diberlakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. 

Gedung berkapasitas 1.000 orang itu disebut hanya diisi oleh sekitar 300 orang. Hanya beberapa tamu undangan yang hadir secara fisik. Mereka yang mengikuti sidang secara fisik di antaranya pimpinan MPR, DPR, dan DPR. Kemudian, para pimpinan komisi dan fraksi. 

Saat ini, yang terpantau hadir di ruang sidang adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPD La Nyalla Mataliti. Selain itu, hadir pula Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sejumlah menteri Jokowi juga tampak hadir. Undangan tamu negara serta anggota MPR/DPR/DPD lainnya mengikuti sidang secara virtual. 

Baca Juga: Presiden Jokowi dijadwalkan sampaikan pidato kenegaraan pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB

Ketua MPR dan Ketua DPR akan menyampaikan pidato pembukaan masa persidangan. Kemudian, Presiden juga akan menyampaikan pidato kenegaraannya. Pada Kamis (13/8/2020), Sekjen DPR Indra Iskandar menjelaskan dalam Sidang Tahunan MPR kali ini, jumlah kehadiran fisik pejabat publik akan dibatasi karena situasi pandemi Covid-19. 

Ia mengatakan, bagi anggota dan tamu undangan yang tak bisa hadir secara fisik, tetap diundang untuk mengikuti Sidang Tahunan MPR secara virtual. "Duta besar, mantan presiden, dan anggota yang tidak bisa hadir secara fisik diundang melalui virtual, bahkan tidak ada Githa Bahana Nusantara, sangat minimalis lah," kata Indra saat dihubungi Kompas.com. 

Indra mengatakan, pejabat publik yang hadir secara fisik dalam Sidang Tahunan ini yakni dari unsur DPR ada sekitar 176 orang, MPR dan DPD masing-masing sebanyak 50 orang. Kemudian, para menteri kabinet kerja yang diundang hanya Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menko PMK dan Menko Maritim. 

Selain itu, kata Indra, seluruh pejabat publik yang hadir secara fisik wajib melakukan tes usap atau swab test Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sidang Tahunan MPR/DPR di Tengah Pandemi, Ruang Sidang Tak Diisi Penuh"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×