kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Temui Ketum Golkar, Surya Paloh: Apakah Nasdem akan Mungkin Bergabung dengan KIB?


Rabu, 01 Februari 2023 / 22:26 WIB
Temui Ketum Golkar, Surya Paloh: Apakah Nasdem akan Mungkin Bergabung dengan KIB?
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) disambut oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) saat bertemu di kantor DPP Partai Golkar,


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh membuka kemungkinan pihaknya bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Adapun KIB merupakan koalisi yang diisi oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Apakah (Nasdem) akan mungkin bergabung dengan KIB? Ya sama-sama mungkin. Mungkin KIB juga bergabung dengan Nasdem kan? Jadi kemungkinan itu masih terbuka,” ujar Surya pasca-pertemuan dengan Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Ia pun menyampaikan, kunjungannya ke Golkar merupakan salah satu prioritas. Sebab, sebelum mendirikan Nasdem, Surya berkiprah lama di partai beringin tersebut.

Baca Juga: Surya Paloh Angkat Bicara Soal Pertemuannya dengan Jokowi di Istana

“Kenapa mengunjungi Golkar, ya prioritas bagi Nasdem. Ada satu romantisme. Ada satu pejalanan. Sejarah perjalanan kehidupan saya pribadi,” kata dia.

“Jadi di Golkar sendiri (saya berkiprah) 43 tahun. Baru kemudian ada Nasdem. Jadi terlepas apa pun juga kekurangan satu sama lain, tapi ini modal kebersamaan. Catatan sejarah saling pemahaman,” ujar dia.

Kendati demikian, ia menampik bahwa pertemuan dengan Airlangga ada kaitannya dengan Presiden Joko Widodo. Menurut Surya, pertemuan itu murni atas inisiatif Nasdem, bukan karena arahan Jokowi. “Secara lisan (perintah Jokowi) enggak ada. Saya enggak tahu suasana kebatinan Beliau," kata dia.

Surya bertemu dengan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (26/1/2023) pekan lalu. Keduanya bertemu lebih dari satu jam untuk membahas berbagai persoalan.

Sementara itu, pertemuan Surya dan Airlangga dilakukan di hari Rabu Pon, yang kerap dikaitkan dengan pengambilan keputusan penting Jokowi, termasuk soal reshuffle kabinet. Beberapa waktu belakangan santer terdengar reshuffle bakal menyasar menteri-menteri Partai Nasdem.

Baca Juga: Ini Kata Menkominfo soal Isi Pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh

Namun, hingga saat ini tak ada tanda-tanda perombakan Kabinet Indonesia Maju dilakukan. Di lain pihak, Partai Nasdem tengah menjajaki Koalisi Perubahan bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Secara informal, koalisi itu sudah sepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Surya Paloh Buka Kemungkinan Nasdem Berkoalisi dengan KIB"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×