kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Temui Jokowi, AHY ucapkan selamat dan berharap kondisi damai


Rabu, 22 Mei 2019 / 11:56 WIB

Temui Jokowi, AHY ucapkan selamat dan berharap kondisi damai


Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui presiden Joko Widodo. Pada kesempatan tersebut AHY manyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi. 

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan calon presiden petahana tersebut unggul dengan suara 55,5% sementara lawannya Prabowo Subianto mendapat 44,5% suara. "Saya mengucpakan selamat secara langsung atas kemenangan bapak Jokowi," ujar AHY kepada waratawan, Rabu (22/5).


Selain ucapan selamat, hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU dinilai AHY harus ditanggapi dengan damai. AHY berharap pemerintah dapat menangani situasi tersebut.

Ia minta agar pemerintah bisa memberikan solusi yang tepat dalam menanggapi hal tersebut. Antara lain adalah dengan membuka ruang dialog sertua solusi politis dan hukum.

"Lakukan dengan baik sebisa mungkin terhindar dari korban yang diperlukan," terang AHY.

Meski begitu penegakan hukum juga perlu dilakukan oleh pihak pengamanan. Tindakan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku harus dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku sebagai wujud Indonesia sebagai negara hukum.

AHY juga merespon sikap pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno usai pengumuman hasil pemilu oleh KPU. Pasangan nomor urut 02 tersebut berencana untuk melakukan gugatan hasil pemilu.

"Kami pun sangat senang dan lega akan menempuh jalur konstitusional untuk bisa mengajukan sejumlah keberatan atas hasil pemilu" jelas AHY.

Kondisi pemilu diharapkan tidak menimbulkan perpecahan di Indonesia. Pemilu diharapkan janhan sampai menjadi dua kubu yang tidak akan pernah bertemu kembali.


Reporter: Abdul Basith
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×