kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak antre, ini cara daftar tes corona di bandara Soekarno Hatta lewat aplikasi e-HAC


Jumat, 18 Desember 2020 / 16:35 WIB
Tak antre, ini cara daftar tes corona di bandara Soekarno Hatta lewat aplikasi e-HAC
ILUSTRASI. AP II lewat Bandara Soekarno Hatta sediakan layanan daftar test corona bagi calon penumpang dengan aplikasi e-HAC. Jadi calon penumpang tak perlu antre daftar/pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/15/12/2020.


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Angkasa Pura II (AP II) lewat bandara yang dikelolanya yakni Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melayani aneka test pendeteksi corona atau Covid-19, baik itu dengan metode rapid test, swab atau rapid antigen serta test polymerase chain reaction(PCR)

Jika terpaksa harus bepergian lewat bandara, Anda sejatinya bisa melakukan pemesanan atau pendaftaran layanan tes Covid-19 lewat aplikasi melalui fitur Health Passport di aplikasi Indonesia Health Alert Card (eHAC).

VP of Corporate Communication Angkasa Pura Yado Yarismano menjelaskan,  calon penumpang yang hendak bepergian lewat bandara Soekarno Hatta bisa memesan layanan tes covid-19 pada fasilitas kesehatan yang ditunjuk Kemenkes, termasuk Farmalab yang ada di lokasi Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soetta.

"Fitur Health Passport di eHAC ini mempermudah traveler dalam melakukan perjalanan udara dengan tetap memenuhi protokol kesehatan," ujarnya dalam keterangan resmi Jumat (18/12).

Baca Juga: Ini biaya rapid test, swab antigen & PCR 11 bandara Indonesia per 18 Desember 2020

Masih transsisi, aplikasi yang dikembangkan oleh KementerianKesehatan ini yakni  eHAC bisa digunakan untuk validasi surat keterangan hasil tes covid-19 secara digital,  baik hasil rapid test, swab antigen sampai PCR test.

Oleh karena itu, AP II  mengimbau agar calon penumpang pesawat yang berangkat dari Bandara Soetta bisa memanfaatkan fitur Health Passport yang ada di aplikasi eHAC ini agar mempermudah dalam memproses keberangkatan penerbangan, termasuk untuk memenuhi syarat yakni swab antigen, rapid test atau PCR

Berikut langkah-langkah pendaftaran tes Covid-19 serta validasi hasil tes bagi penumpang dari Bandara Soetta melalui aplikasi eHAC:

  1. Instal aplikasi eHAC.
  2. Setelah selesai menginstal, pilih fitur 'account' yang ada di bawah bagian tengah tampilan aplikasi.
  3. Pilih 'register now'.
  4. Lakukan registrasi dengan alamat email dan memasukkan password yang ingin digunakan.
  5. Setelah registrasi, pilih fitur 'Health Passport'.
  6. Pada halaman Health Passport, pilih 'Health Passport Portal'.
  7. Pada halaman Health Passport Portal, pilih menu Request Test at The Airport/Check Point/Station.  Isi data yang tertera pada menu tersebut. Di dalam kolom kode bandara, masukkan kode Bandara Soekarno-Hatta, CGK.
  8. Pilih laboratorium, yaitu Farmalab Soekarno-Hatta RGL Singapore, Farmalab Soekarno-Hatta T2 atau Farmalab Soekarno-Hatta T3. Selanjutnya, pilih request untuk didaftarkan pada lokasi tes covid-19.
  9. Hasil tes dapat dilihat di menu PCR/rapid test history. Hasil test dapat diunduh atau dilihat lewat barcode, untuk kemudian ditunjukkan ke petugas di konter check in maskapai di Terminal 2 atau Terminal 3. 

Baca Juga: Catat! Daftar lokasi dan biaya rapid test antigen di Jabodetabek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×