kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Poltracking: Anies Unggul di Banten-DKI-Jabar, Ganjar di Jateng-Jatim


Kamis, 15 Desember 2022 / 19:58 WIB
Survei Poltracking: Anies Unggul di Banten-DKI-Jabar, Ganjar di Jateng-Jatim
ILUSTRASI. Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan (tengah) berjabat tangan dengan warga


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menduduki posisi teratas sebagai bakal calon presiden di tiga provinsi di Pulau Jawa.

Temuan ini mengacu pada hasil survei Poltracking Indonesia yang dilakukan di lima wilayah di pulau Jawa secara terpisah yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, sekaligus DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

irektur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR menyebut pulau Jawa merupakan kunci kemenangan pemilihan presiden (Pilpres). Sebab, 57,4 persen pemilik suara sah pada pemilu mendatang berada di pulau Jawa. Sementara di luar Jawa hanya 42,6 persen.

“Secara populasi itu memang (pemilih) menumpuk di pulau Jawa,” kata Yuda dalam “Rilis Temuan 5 Survei Provinsi di Pulau Jawa: Jawa Penentu Kemenangan?” yang disiarkan di YouTube Poltracking TV, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Bawaslu Imbau Jauhi Politik Praktis di Tempat Ibadah Buntut Pelaporan Anies

Menurutnya, berdasarkan Pilpres sebelumnya siapapun calon presiden yang memenangkan suara di dua dari tiga provinsi di pulau Jawa, yaitu  Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur akan menjadi pemenang.

Adapun temuan survei Poltracking menyatakan Anies unggul di tiga provinsi di pulau Jawa yakni, DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Pada simulasi 20 nama bakal calon presiden, Di DKI Jakarta, elektabilitas Anies mencapai 47,2 persen, menang telak dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan suara 23,9 persen serta Prabowo Subianto 11,9 persen.

Sementara, dalam simulasi tiga bakal calon presiden, elektabilitas Anies mencapai 49,6 persen, Ganjar 27,5 persen, dan Prabowo 15,7 persen.

“Sementara bisa dilihat Anies sebagai mantan gubernur cukup kuat. Anies cukup kuat, dominan secara elektoral di Jakarta,” kata Yuda.

Di Provinsi Banten, dalam simulasi 20 nama bakal capres, Anies juga menempati urutan pertama dengan elektabilitas 43,9 persen, Prabowo 27,7 persen, dan Ganjar Pranowo 12,9 persen. Pada simulasi tiga nama bakal calon presiden, Anies meraup 47,6 persen suara, Prabowo 28,5 persen, dan Ganjar 16,1 persen.

Di Provinsi Jawa Barat, Anies juga duduk di posisi teratas. Ia meraup 28,9 persen dari 20 nama bakal calon presiden, diikuti Prabowo 23,1 persen dan Ganjar Pranowo 12,3 persen.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×