kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Indikator Politik: Elektabilitas Prabowo 33,2%, Ganjar 22,1%, dan Anies 19,9%


Minggu, 12 November 2023 / 20:28 WIB
Survei Indikator Politik: Elektabilitas Prabowo 33,2%, Ganjar 22,1%, dan Anies 19,9%
ILUSTRASI. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Yusron Wahid ( kiri) bersama Ketua TKN Rosan P Roeslani (tengah) dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming (kanan) memberikan keterangan saat deklarasi susunan tim kampanye di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (6/11/2023). Koalisi Indonesia Maju mengumumkan susunan tim kampanye yang akan membantu pemenangan pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming pada Pilpres 2024. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/tom.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukan, elektabilitas bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto paling tinggi di antara calon lain.

Hal ini terungkap dalam temuan survei tatap muka nasional yang dilakukan pada 27 Oktober sampai dengan 1 November 2023 perihal top of mind pemilihan presiden.

Dalam penelitian ini, sebanyak 33,2 persen responden memilih Ketua Umum Partai Gerindra itu jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan hari ini.

Baca Juga: Elektabilitas Pasangan Prabowo-Gibran Masih yang Tertinggi Versi Indo Barometer

“Prabowo paling banyak disebut, 33,2 persen,” ungkap Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis surveinya, Minggu (12/11/2023).

Berdasarkan survei ini, posisi selanjutnya diduduki oleh bakal capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PD-P) Ganjar Pranowo dengan angka 22,1 persen. Ketiga, ada nama capres dari Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan dengan elektabilitas 19,9 persen.

Selain tiga nama itu, ada juga nama Presiden RI Joko Widodo dengan angka 1,1 persen. Namun, terdapat enam tokoh yang berada di bawah angka 1 persen.

Keenamnya adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran Paling Atas

Kemudian, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. “Sekitar 23,2 persen belum bisa menyebutkan nama capres yang akan dipilih,” kata Burhanuddin Muhtadi.

Adapun survei ini dilaksanakan secara tatap muka dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 responden di 38 provinsi. Margin of error sebesar kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Diketahui, saat ini ada tiga bakal capres yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bertarung dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Ketiganya adalah Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo dengan Mahfud Md dan Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo 33,2 Persen, Ganjar 22,1 Persen, Anies 19,9 Persen"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×