CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.466.000   -11.000   -0,74%
  • USD/IDR 15.880   0,00   0,00%
  • IDX 7.215   -94,11   -1,29%
  • KOMPAS100 1.103   -14,64   -1,31%
  • LQ45 876   -10,76   -1,21%
  • ISSI 218   -3,03   -1,37%
  • IDX30 448   -5,87   -1,29%
  • IDXHIDIV20 540   -6,91   -1,26%
  • IDX80 126   -1,77   -1,38%
  • IDXV30 135   -1,94   -1,41%
  • IDXQ30 149   -1,85   -1,22%

Survei DRI: Keinginan berbelanja konsumen meningkat pada April 2022


Senin, 16 Mei 2022 / 09:17 WIB
Survei DRI: Keinginan berbelanja konsumen meningkat pada April 2022
ILUSTRASI. Warga berbelanja di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (23/4/2022).


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan, keinginan konsumen untuk berbelanja meningkat pada April 2022.

Kepala ekonom DRI Rima Prama Artha mengatakan, ini terlihat dari indeks keinginan membeli (buying intentions index) yang naik 0,7% mom. Namun, bila dibandingkan dengan April 2021, indeks keinginan berbelanja masyarakat nampak turun 7,4% yoy.

Meski secara bulanan meningkat, Rima mengatakan peningkatannya hanya tipis. “Ini seiring dengan ketidakpastian di progres pemulihan ekonomi, serta masyarakat masih hati-hati dalam membelanjakan uangnya,” tulis Rima dalam laporannya, seperti dikutip Senin (16/5).

Baca Juga: Sejumlah Bank Digital Cetak Pertumbuhan Kredit Signifikan di Kuartal I-2022

Peningkatan keinginan berbelanja meningkat di kelompok berpenghasilan rendah dan berpenghasilan tinggi. Namun, menurun pada kelompok masyarakat berpenghasilan menengah.

Penurunan di kelompok masyarakat berpenghasilan menengah ini mengindikasikan bahwa mereka berada di zona riskan untuk turun menjadi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah sehingga mereka sangat menjaga level konsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×