kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Survei BI: Tekanan harga tiga bulan ke depan meningkat, penjualan eceran menurun


Rabu, 09 Oktober 2019 / 16:51 WIB
Survei BI: Tekanan harga tiga bulan ke depan meningkat, penjualan eceran menurun
ILUSTRASI. PENJUALAN ECERAN AKAN NAIK: Pengunjung sebuah toko merchandise di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Jumat (9/8). Bank Indonesia memperkirakan penjualan eceran pada bulan September 2019 akan meningkat. Hal ini dilihat dari Indeks Ekspektasi Pen

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) dalam survei penjualan eceran menyampaikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran pada tiga bulan mendatang terindikasi meningkat. 

Tekanan kenaikan harga hingga November diprakirakan lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, Ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 Bulan akan datang sebesar 140,0, atau naik dari 137,2 pada bulan lalu. 

Baca Juga: Pelemahan rupiah hari ini berpeluang lanjut hingga esok

Sementara, tekanan harga pada enam bulan ke depan di tingkat pedagang eceran diindikasikan menurun dengan indeks sebesar 168,2, lebih rendah dari proyeksi bulan sebelumnya 174,7. 

Dari sisi penjualan, survei bank sentral tersebut menunjukkan adanya potensi penurunan penjualan eceran pada 3 dan 6 bulan ke depan. “Hal ini tecermin dari Indeks Ekspektasi Penjualan (IEP) 3 Bulan yang akan datang sebesar 140,0, lebih rendah dari 146,3 di bulan sebelumnya,” terang BI. 

Penjualan eceran pada enam bulan mendatang atau Februari 2020 juga diperkirakan akan menurun. Terindikasi dari IEP 6 Bulan yang sebesar 150,2, lebih rendah dari 161,1 pada periode sebelumnya. 

Baca Juga: Mulai tahun depan, penjualan minyak goreng wajib gunakan kemasan



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×