kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Survei BI : Penjualan eceran tahunan Agustus dan November diperkirakan terkontraksi


Rabu, 11 Juli 2018 / 20:47 WIB
Survei BI : Penjualan eceran tahunan Agustus dan November diperkirakan terkontraksi
ILUSTRASI. Dana Investasi IT

Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah penjualan eceran mengalami pertumbuhan yang lebih tinggi di Mei dan sedikit melambat di Juni, Bank Indonesia (BI) memperkirakan penjualan eceran pada tiga bulan mendatang, yaitu Agustus 2018 menurun secara tahunan. Penurunan penjualan eceran diperkirakan berlanjut pada November 2018.

Hal itu tercermin dari Indeks Ekspektasi Penjualan (IEP) Agustus yang sebesar 140,2. Hitungan Kontan.co.id, angka itu turun tipis 0,57% year on year (yoy). Sementara itu, IEP November mendatang tercatat 140,7, turun 6,82% yoy.


Namun, BI menilai IEP Agustus relatif stabil. Sebab, "IEP tiga bulan yang akan datang (Agustus) relatif sama dengan EIP bulan sebelumnya," bunyi laporan BI yang dikutip Kontan.co.id, Rabu (11/7).

BI juga mencatat, tekanan kenaikan harga pada Agustus 2018 diperkirakan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Indikasi tersebut terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 152,0 menurun dari 153,7 pada bulan sebelumnya.

Tekanan kenaikan harga diperkirakan meningkat pada November 2018, terindikasi dari nilai IEH enam bulan mendatang sebesar 165,8 lebih tinggi dari 163,1 pada bulan sebelumnya.




TERBARU

Close [X]
×