kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei BI: Masyarakat Makin Yakin dengan Kondisi EkonomI ke Depan


Rabu, 08 Februari 2023 / 14:17 WIB
Survei BI: Masyarakat Makin Yakin dengan Kondisi EkonomI ke Depan
ILUSTRASI. Suasana sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Rabu (9/2/2022). Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan terpantau meningkat.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan terpantau meningkat.

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Januari 2023 yang sebesar 133,9 atau lebih tinggi dari 127,3 pada Desember 2022.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, penguatan ekspektasi konsumen didorong penguatan ekspektasi kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja.

"Indeks keduanya terpantau meningkat. Ekspektasi kegiatan usaha naik 7,9 poin dan ekspektasi ketersediaan lapangan kerja naik 7,4 poin," tulis Erwin dalam laporannya, Rabu (8/2).

Baca Juga: Indeks Keyakinan Konsumen Meningkat, BI: Optimisme Masyarakat Makin Kuat di Awal 2023

Erwin pun memerinci. Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha pada Januari 2023 tercatat 132,5 atau naik dari 124,6 pada bulan sebelumnya.

Ekspektasi terhadap kegiatan usaha ke depan meningkat pada seluruh kelompok pengeluaran responden, dengan kenaikan indeks tertinggi pada kelompok responden dengan pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per bulan.

Sedangkan berdasarkan kategori usia, indeks terpantau meningkat pada seluruh kelompok usia responden.

Sedangkan Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja tercatat 131,3 atau naik dari 123,9 pada bulan sebelumnya.

Keyakinan terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan ke depan dirasakan oleh seluruh kategori tingkat pengeluaran dan pendidikan.

Sedangkan dari sisi usia, kenaikan indeks tertinggi terjadi pada responden dengan rentang usia 20 tahun hingga 30 tahun.

Sejalan dengan meningkatnya ekspektasi terhadap kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja, ekspektasi konsumen terhadap penghasilan ke depan pun meningkat.

Indeks Ekspektasi Penghasilan pada Januari 2023 tercatat 137,9 atau naik dari 133,3 pada Desember 2022.

Berdasarkan pengeluaran, meningkatnya ekspektasi penghasilan terjadi pada seluruh kelompok dengan kenaikan tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 2,1 juta hingga Rp 3 juta.

Sementara dari sisi usia, ekspektasi terhadap penghasilan ke depan tercatat meningkat pada seluruh kelompok usia responden.

Baca Juga: Keyakinan Masyarakat Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Terkikis, Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×