kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keyakinan Masyarakat Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Terkikis, Ini Penyebabnya


Rabu, 08 Februari 2023 / 13:50 WIB
Keyakinan Masyarakat Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Terkikis, Ini Penyebabnya
ILUSTRASI. Warga berbelanja di sebuah supermarket di Tangerang Selatan, Senin (26/7).Keyakinan Masyarakat Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Terkikis, Ini Penyebabnya.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini nampak menurun. 

Ini terlihat dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat ini Januari 2023 yang sebesar 112,1 atau turun dari 112,4 pada bulan sebelumnya. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, meski menurun, IKE Saat Ini masih berada dalam zona optimistis atau indeks di atas 100. 

"Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini tetap kuat, indeksnya berada dalam zona optimistis," tegas Erwin dalam laporannya, Rabu (8/2). 

Baca Juga: Indeks Keyakinan Konsumen Naik, Cermati Rekomendasi Saham UNVR, CPIN, JPFA dan INDF

Menurut Erwin, ini didorong oleh meningkatnya keyakinan terhadap ketersediaan lapangan kerja dan keyakinan masyarakat akan pembelian barang tahan lama. 

Ia memerinci. Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja pada Januari 2023 tercatat 112,1 atau naik dari 110,9 pada bulan sebelumnya. 

Indeks tercatat meningkat pada seluruh kategori pendidikan, kecuali pada responden dengan pendidikan SMA. Menurut usia, kenaikan indeks terjadi pada sebagian besar kelompok responden. 

Sedangkan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama tercatat 106,5 atau lebih tinggi dari 106,2 pada bulan sebelumnya. 

Keyakinan konsumen terhadap pembelian barang tahan lama terpantau meningkat pada sebagian tingkat pengeluaran responden, dengan kenaikan tertinggi pada responden dengan pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per bulan. 

Berdasarkan usia, peningkatan terjadi pada responden dengan usia 41 tahun hingga 50 tahun dan di atas 60 tahun. 

Baca Juga: Indeks Keyakinan Konsumen Meningkat, BI: Optimisme Masyarakat Makin Kuat di Awal 2023

Sayangnya, persepsi konsumen terhadap kondisi penghasilan saat ini menurun. Ini terlihat dari Indeks Penghasilan Saat Ini yang tercatat 117,7 atau menurun dari 120,3. 

Ini terpantau turun pada sebagian kategori pengeluaran, dengan terdalam pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta. 

Berdasarkan usia, Indeks Penghasilan Saat Ini juga terindikasi menurun pada sebagian besar kelompok usia responden. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×