kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sulap Desa Biasa Jadi Agrowisata, Desa Ini Sabet Penghargaan dari BRI


Senin, 04 Desember 2023 / 06:13 WIB
Sulap Desa Biasa Jadi Agrowisata, Desa Ini Sabet Penghargaan dari BRI
ILUSTRASI. Malik Khairul Anam, Kepala Desa Megulung Kidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. KONTAN/Muradi/2023/12/03


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-PURWOREJO. Berkat berbagai inovasi yang dilakukan untuk mengembangkan potensi wisata, Desa Megulung Kidul di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah terpilih menjadi salah satu finalis terbaik Nugraha Karya Desa Brilian 2022.

Kepala Desa Megulung Kidul, Malik Khairul Anam bercerita panjang lebar asal muasal desa yang dipimpinnya terpilih menjadi juara tiga dan mengalahkan sekitar 2100 desa di seluruh Indonesia.

Anam menjelaskan, ajang Desa Brilian 2022 ini terbagi menjadi tiga batch, di mana Desa Megulung Kidul sendiri masuk ke dalam batch tiga dan terpilih menjadi juara satu.

Setelah itu, setiap perwakilan batch diundang oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk hadir di Jakarta. Nah, dari 15 Desa yang masuk dalam finalis tersebut, Desa Megulung Kidul terpilih menjadi juara tiga.

Ia bilang, awalnya tidak ada rencana untuk menjadikan Desa Megulung Kidul sebagai desa wisata. Hal ini dikarenakan potensi alamnya yang biasa saja jika dibandingkan dengan desa lain di Indonesia.

Namun saat dirinya terpilih sebagai Kepala Desa Megulung Kidul pada 31 Januari 2019, ia mengajak pemuda yang peduli dengan desa untuk melakukan berbagai inovasi. Nah, dari situlah pihaknya berkomitmen untuk menjadikan Desa Megulung Kidul sebagai desa agrowisata.

Baca Juga: Gerai Senyum Mudahkan Warga Kutuarjo Akses Layanan Permodalan

Sebagai bentuk inovasi, dirinya dan penduduk sekitar mendirikan taman anggur yang bernama Dusun Sabin. Dusun Sabin ini merupakan destinasi wisata di area persawahan yang dulunya kurang produktif untuk dijadikan hasil panen.

Tak hanya itu, Dusun Sabin juga memiliki tempat pembibitan anggur serta pusat kuliner yang menjual sajian olahan ikan air tawar, seperti gurame, nila dan sebagainya.

Memang tak mudah baginya untuk mendirikan Dusun Sabin. Tak jarang, dirinya dan warga kerap mendapat cibiran dari berbagai pihak atas inovasi yang dirinya lakukan untuk melakukan eksistensi Desa Megulung Kidul agar bisa tampil lebih baik di tingkat nasional.

"Awal mula tidak mudah, yang namanya perjuangan itu kan banyak yang tidak suka, banyak yang meremahkan. Itu banyak sekali," kata Anam.

"Selama kurang lebih tiga tahun, saya dan teman-teman ini semacam menerima  under estimate, istilahnya banyak yang meremehkan lah. Itu tidak sedikit," imbuh Anam.

Baca Juga: Berkah Agen BRILink, Nasabah KUR Ini Peroleh Pundi-Pundi Penghasilan

Sejak awal menjabat, Anam memang memiliki misi untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Siapa sangka, berkat memiliki BUMDes aktif ini lah bisa mengantarkan Desa Megulung Kidul menjadi juara.

"Asumsi saya, BRI itu melihat kami itu konsen di BUMDes. Akhirnya Mantri BRI datang ke BUMDes menawarkan program Desa Brilian karena syarat utamanya itu harus punya BUMDes aktif," terang Anam.

Berkat meraih juara III dalam Nugraha Karya Desa Brilian 2022, dirinya menerima pendanaan sebesar Rp 50 juta yang digunakan untuk memenuhi sarana dan prasarana di BUMDes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×