kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Subsidi golongan menengah atas, pemerintah akan tebar stimulus jalan-jalan


Rabu, 13 Mei 2020 / 15:34 WIB
Subsidi golongan menengah atas, pemerintah akan tebar stimulus jalan-jalan
ILUSTRASI. ANALISIS - Febrio N. Kacaribu, Kepala Riset LPEM UI


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Lewat program pemulihan ekonomi nasional (PEN),  pemerintah merancang stimulus pariwisata. Jika sesuai rencana, paket stimulus ini akan kelar kuartal III/2020. 

Rencananya, stimulus tersebut akan menyasar masyarakat berpenghasilan menengah ke atas. Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu, liburan menjadi hal yang ditunggu masyarakat berpenghasilan menengah ke atas, setelah pandemi virus corona berakhir

“Kuartal III/2020 pasti sudah enggak sabar ingin jalan-jalan. Untuk itu, kami menyiapkan sejumlah stimulus pariwisata restoran dan transportasi," katanya lewat v konferensi video, Rabu (13/5)

Pemerintah akan mengalokasikan anggaran stimulus pariwisata sebesar Rp25 triliun. “Stimulus ini kami harapkan bisa memperkuat aggregate demand dengan dukungan sektor pariwisata dan voucher makanan secara online,” ujarnya.

Stimulus  ini menjadi kebijakan lanjutan dari paket stimulus jilid I yang memberikan diskon tiket pesawat dan insentif pajak untuk hotel atau restoran. Adapun anggaran stimulus kala itu mencapai Rp3,8 triliun.

BKF berharap konsumsi masyarakat bisa membaik pada kuartal III/2020, antara lain bersumber dari konsumsi barang elektronik, pakaian, restoran, hotel, pariwisata, dan transportasi.“Mudah-mudahan dapat terlihat di kuartal III, dan banyak lagi di kuartal IV.,” ujarnya.

Stimulus untuk gologan menengah ke atas  setelah pemerintah fokus terlebih dahulu kepada kelompok masyarakat miskin melalui berbagai program bantuan sosial (bansos). Yakni lewat program keluarga harapan, kartu sembako, bantuan langsung tunai, kartu prakerja, bantuan pangan, hingga diskon tarif listrik.  Aanggaran bantuan sosial dan subsidi tersebut mencapai sekitar Rp149,1 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×