kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani Beberkan Tantangan Indonesia dalam Menurunkan Emisi Karbon


Rabu, 13 Juli 2022 / 13:12 WIB
Sri Mulyani Beberkan Tantangan Indonesia dalam Menurunkan Emisi Karbon
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Beberkan Tantangan Indonesia dalam Menurunkan Emisi Karbon


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komitmen Pemerintah Indonesia dalam mengurangi dampak perubahan iklim diwujudkan melalui target pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) yang dihasilkan sebesar 29% dengan upaya sendiri dan 41% dengan dukungan Internasional.

Di mana komitmen tersebut tercantum dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) yang sudah ditetapkan di Paris Agreement.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa untuk mencapai NDC tersebut, akan butuh financing yang besar. Adapun jika ingin mengurangi emisi karbon sebesar 29%, maka kontribusi dari sektor energi dan perusahaan listrik adalah sebesar 314 juta ton CO2.

"Kalau ingin 41%, maka sektor energi dan perusahaan listrik harus mengurangi 446 juta ton CO2. Itu merupakan nominal yang sangat besar," ujar Sri Mulyani dalam acara Sustainable Finance: Instrument and Management in Achieving Sustainable Development of Indonesia, Rabu (13/7).

Baca Juga: Waduh, Deforestasi Hutan Amazon Capai Rekor Tertinggi

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan pengurangan emisi karbon.

Pasalnya, dibutuhkan biaya sebesar US$ 243 miliar atau Rp 3.500 triliun hanya untuk mengurangi emisi karbon dari sektor kelistrikan. Sehingga diperlukan sumber pendanaan lain yang tidak hanya dari pemerintah, melainkan dari peran swasta dan lembaga internasional.

"APBN kita hanya sekitar Rp 3.000 triliun," ujar Bendahara Negara tersebut.

Sementara itu, tantangan lain dalam pengurangan emisi karbon tersebut adalah jumlah konsumsi listrik yang akan terus mengalami peningkatan seiring berkembangnya perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Earth Hour, Pemadaman di DKI Jakarta dan Manfaat Bagi Pengurangan Emisi Karbon




TERBARU

[X]
×