kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani ajak masyarakat jajan di warteg


Kamis, 20 Agustus 2020 / 11:34 WIB
Sri Mulyani ajak masyarakat jajan di warteg
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani memiliki pesan penting untuk disampaikan kepada masyarakat di tengah mewabahnya pandemi Covid-19. Menurutnya, masyarakat memiliki peran penting di masa pandemi, terutama dalam membantu keberlangsungan UMKM. 

Bendahara Negara itu mengatakan, masyarakat bisa berkontribusi membantu UMKM dengan membeli produk-produk mereka. Hal tersebut pun bisa dilakukan mulai dari lingkungan terdekat. 

"Jangan hanya bergantung kepada pemerintah untuk melakukan peran tersebut. Setiap dari Anda bisa memberikan kontribusi yang signifikan, mulai dari membeli produk-produk UMKM , membeli makanan di warteg dekat rumah anda, atau membeli produk dari orang-orang seperti chef yang sempat bekerja di hotel kemudian dirumahkan," ujar Sri Mulyani dalam sebuah webinar yang diadakan The Jakarta Post, Rabu (19/8/2020). 

Baca Juga: Berdayakan UMKM, Wijaya Karya (WIKA) bagikan gerobak dagang di Kelurahan Cipinang

Bendahara Negara itu mengatakan, pemerintah telah menjalankan peran membantu UMKM melalui berbagai stimulus. Mulai dari bantuan dalam bentuk subsidi bunga, relaksasi pembayaran pokok, hingga hibah sebesar Rp 2,4 juta yang disalurkan untuk 12 juta UMKM. 

Selain itu, pemerintah menurutnya juga sudah menggelontorkan anggaran untuk membantu 40 persen penduduk RI yang masuk dalam kategori menengah ke bawah. "Kami melakukan yang terbaik untuk menggelontorkan bantuan baik melalui institusi formal seperti perbankan hingga non formal melalui PMN, Pegadaian, dan koperasi untuk bisa mendistribusikan ke sebanyak mungkin UMKM," ujar dia. 

Baca Juga: Minggu depan, Jokowi bagikan bantuan modal Rp 2,4 juta ke 9,1 juta pengusaha kecil

Untuk itu, Sri Mulyani pun mengatakan peran masyarakat kelas menengah untuk mendukung perekonomian dari sisi permintaan menjadi penting. Kelas menengah ke atas bisa berkontribusi terhadap perekonomian dengan melakukan akitivitas seperti bepergian hingga melakukan perjalanan bisnis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Kami dari pemerintah akan terus melakukan yang terbaik meski ada halangan seperti persoalan data," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bantu UMKM, Sri Mulyani Ajak Masyarakat Jajan di Warteg"
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×