kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soal Uji Kelayakan Calon Anggota Dewan Komisioner OJK, Ini kata Misbakhun


Senin, 04 April 2022 / 17:25 WIB
Soal Uji Kelayakan Calon Anggota Dewan Komisioner OJK, Ini kata Misbakhun
ILUSTRASI. Komisi XI DPR RI M Misbakhun


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. DPR berencana melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) pada 5-7 April 2022.

Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun mengatakan, Komisi XI DPR akan melakukan pendalaman kemampuan dari tiap calon DK OJK ada tahap uji kelayakan dan kepatutan tersebut. Kemampuan teknis menjadi poin yang akan disoroti oleh Komisi XI selain kemampuan leadership.

Baca Juga: Mulai Besok, Calon Anggota Dewan Komisioner OJK Jalani Fit and Proper Test

"Tapi tentu kita akan teliti figur itu soal kemampuan teknis para calon anggota DK OJK. Kemampuan teknis kemampuan yang lain kepemimpinan dan pemahaman mereka siap dan tahu tugas fungsi tanggung jawab OJK seberapa paham mereka tahu tugas dan fungsi kemudian mengenai bidang tugas apa saja yang akan nanti jadi kewenangan mereka sebagai DK OJK," kata Misbakhun kepada Kontan.co.id, Senin (4/4).

Kemampuan teknis dinilai akan menjadi dasar bagi anggota DK OJK dalam melakukan pengawasan sejalan dengan tugas lembaga ini sendiri.

Misbakhun menjelaskan, nantinya tiap calon anggota DK OJK akan dilihat kriteria dan sistem apa yang akan digunakan dalam pengawasan terhadap industri keuangan.

"Jadi perbankan akan menggunakan mekanisme apa, industri jasa akan pakai mekanisme apa, industri keuangan non-bank akan gunakan mekanisme apa untuk pengawasan. Ini jadi penting kriteria teknis tersebut," imbuhnya.

Baca Juga: Jadi Calon Wakil Ketua Komisioner OJK, Ini Profil Mohamad Fauzi Maulana Ichsan

Kemudian bagaimana membawa OJK berkembang sesuai dengan regulasi dan mampu disesuaikan dengan kebutuhan dari industri keuangan yang terus berkembang. "Ini jadi tolak ukur yang kami akan dalami dalam masing-masing figur tersebut," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×