kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45807,06   0,87   0.11%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Soal stimulus kredit modal kerja korporasi Rp 100 triliun, ini kata Apindo


Jumat, 31 Juli 2020 / 10:26 WIB
Soal stimulus kredit modal kerja korporasi Rp 100 triliun, ini kata Apindo
ILUSTRASI. Hariyadi Sukamdani Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan juga President Director Hotel Sahid Jaya International Tbk.foto/Kontan/Tantyo Anon Prasetya

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pada hari Rabu (29/7) kemarin, pemerintah secara resmi menggelontorkan penjaminan modal kerja untuk korporasi dengan target realisasi sebesar Rp 100 triliun sampai akhir 2021.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani, menilai, stimulus ini memang sangat dinanti oleh dunia usaha. Dia bilang, yang terpenting adalah eksekusi pengajuan debitur ke bank penyalur harus dipermudah.

Dari sisi bunga pinjaman, tentunya diharapkan lebih rendah dari jenis pinjaman secara umum. Terlebih BI Reserve Repo Rate sudah sudah turun di level 4%.

Baca Juga: Dua skema antisipasi moral hazard program kredit modal kerja korporasi Rp 100 triliun

“Terutama memang padat karya begitu terdampak, dan multiplier effect-nya menyangkut hajat hirup orang banyak,” kata Hariyadi kepada Kontan.co.id, Kamis (30/7).

Kendati demikian, Hariyadi menilai dukungan yang bersifat supply ini harus diimbangi dari sisi demand. Dalam hal ini, Bantuan Langsung Tunai (BLT) harus diperbanyak. Sebab, daya beli masyarakat akan lebih cepat diserap dunia usaha bila berbentuk tunai dibanding bantuan sosial (Bansos) sembako.

Selain itu, Hariyadi menambahkan agar program kredit modal kerja bisa langsung berdampak kepada pertumbuhan ekonomi di tahun ini dan tahun depan, maka pemerintah juga harus secara cepat menangani masalah kesehatan akibat pandemi.

Baca Juga: BTN akan lelang aset kredit bermasalah Rp 9,97 triliun, Anda berminat?

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×