kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Shopee Bantu UMKM Asal Tangerang Ini Bertransformasi Digital Hingga Go Global


Sabtu, 05 Juni 2021 / 15:58 WIB
Shopee Bantu UMKM Asal Tangerang Ini Bertransformasi Digital Hingga Go Global
ILUSTRASI. Kontan - Shopee Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Di era saat ini, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus bertransformasi digital. Dengan digitalisasi dapat dicapai perluasan potensi pasar dan pengembangan usaha berkesinambungan yang selama ini menjadi masalah akut UMKM.

Merespon trend perubahan tersebut, UMKM sprei asal Tangerang, Proven Seprei bergabung dalam platform Shopee. Setelah berjalan 8 tahun berjualan offline, Maria Tanesia pemilik Proven Seprei akhirnya mencoba peruntungannya dalam berjualan online di Shopee karena ajakan seorang reseller yang sebelumnya sudah mulai berjualan online terlebih dahulu.

Bergabung bersama Shopee di tahun 2016, Maria merasa sangat terbantu dalam mengetahui berbagai fitur seperti flash sale, diskon, gratis ongkir, program, serta berbagai promo yang diberikan oleh Shopee. Maria mengatakan Shopee selalu memberikan program yang menarik dan berbeda sehingga hal ini berdampak terhadap penjualan Proven Sprei dan menambah ketertarikan pelanggan untuk berbelanja di Proven Sprei, baik itu pelanggan lama maupun pelanggan baru.

Selain membantu dari sisi penjualan, Maria merasakan bahwa Shopee juga memberikan pendampingan penuh bagi para penjual untuk terus belajar dan berkembang dalam mengikuti perubahan zaman khususnya berjualan secara online. Ia yang awalnya tidak paham betul tentang teknologi, kini sudah mahir menjalankan bisnis secara online.

“Sejak berjualan online bersama Shopee, penjualan Proven Sprei naik menjadi sekitar 150 pesanan per hari dan sudah berhasil memproduksi ribuan sprei berbahan lokal. Ini tidak terlepas dari bantuan Shopee yang selalu peduli terhadap keberlangsungan bisnis penjual, selalu melakukan inovasi terbaru dan membuat fitur berbeda dari marketplace lainnya,” kata Maria.

Bantuan yang diberikan oleh Shopee tidak hanya berhenti sampai membantu penjualan kami di dalam negeri saja, tetapi juga ke luar negeri dengan mengikuti Program Ekspor Shopee sejak April 2020.  Saat ini, Proven Sprei sudah berhasil menjual produknya ke berbagai negara tujuan ekspor Shopee seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand. Melalui program ekspor yang dilakukan oleh Shopee, penjualan Proven Sprei selalu meningkat setiap bulannya.

 “Saya merasa senang dengan edukasi, pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Shopee sehingga Proven Sprei bisa merambah ke pasar global. Proses ekspor yang dibantu oleh Shopee juga memberikan kemudahan bagi penjual untuk tetap bisa fokus dalam meningkatkan kualitas dan desain produk kita agar dapat bersaing di luar negeri,” tambahnya.

Kedepannya, Maria berharap dapat semakin membuka banyak lapangan pekerjaan untuk bagian online marketer, graphic designer, content creator dan social media manager seiring dengan terus berkembangnya penjualan Proven Sprei secara online di Shopee. Ia juga ingin fokus untuk membesarkan bisnisnya di Shopee, baik lokal maupun global, dengan harapan dapat semakin meningkatkan lagi penjualan dan omset harian dari Proven Sprei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×