kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Setoran dividen BUMN sudah 79,5% dari target


Senin, 23 Juli 2018 / 20:14 WIB
Setoran dividen BUMN sudah 79,5% dari target
ILUSTRASI. Askolani, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan

Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berasal dari dividen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di semester pertama tahun ini melampaui setengah dari yang ditargetkan. Pemerintah pun yakin setoran dividen BUMN hingga akhir tahun akan mencapai 100% dari yang ditargetkan dalam APBN 2018 sebesar Rp 45 triliun

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemkeu) Askolani mengatakan, hingga akhir semester I-2018 realisasi dividen BUMN sebesar Rp 35,52 triliun, atau 79,5% dari target. Angka itu tumbuh 13% dibanding periode sama pada tahun lalu. "Mudah-mudahan perhitungan kami dividen BUMN itu akan 100% dari target APBN," kata Askolani dalam rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR, Senin (23/7).


Menurut Askolani, optimisme pemerintah tersebut sejalan dengan rapat umum pemegang saham (RUPS) yang dilakukan BUMN, dan audit keuangan BUMN. "Maka ini hanya masalah timetable kapan dia akan penuhi kewajiban itu," tambahnya.

Meski begitu, Anggota Banggar Fraksi Partai Gerindra Bambang Haryo menilai, setoran dividen BUMN yang ditargetkan pemerintah masih terlalu kecil. Sebab, BUMN semakin menguasai proyek infrastruktur dengan nilai proyek yang fantastis. Belum lagi, pemerintah juga telah menyuntikkan dana melalui penyertaan modal negara (PMN) dalam jumlah yang tidak sedikit sejak tahun 2015-2017. "Jangan (tumbuh) 13%, kalau bisa  100%. Ada kenaikan, tapi tolong target luar biasa,"ujarnya.




TERBARU

Close [X]
×