kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setneg Pastikan Upacara HUT RI ke-79 Siap Digelar di IKN


Selasa, 09 Januari 2024 / 16:45 WIB
Setneg Pastikan Upacara HUT RI ke-79 Siap Digelar di IKN
ILUSTRASI. Kementerian Sekretariat Negara memastikan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia siap dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN).


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Sekretariat Negara memastikan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia siap dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyampaikan, pihaknya saat ini sudah mulai mempersiapkan HUT yang bakal digelar di IKN ini. 

"Kami dipimpin Pak Kasetpres tadi dengan semua kementerian, lembaga, kemudian dari TNI dan Polri, melakukan rapat pertama untuk persiapan HUT Kemerdekaan ke-79 yang akan dilakukan di IKN,” ucap Setya dalam keterangannya, Selasa (9/1). 

Setya menuturkan, dalam pertemuan tersebut telah didiskusikan sejumlah hal yang menjadi perhatian untuk kesiapan penyelenggaraan HUT ke-79 RI. Persiapan tersebut harus dibahas sesegera mungkin. 

“Kita punya waktu delapan bulan, dan biasanya memang di Jakarta pun di Istana Negara Jakarta pun kita laksanakan persiapan jauh-jauh hari, nah untuk IKN kita mulai dari Januari ini,” tuturnya. 

Baca Juga: Pembangunan IKN Bisa Jadi Salah Satu Pendorong Tambunnya Cadangan Devisa 2023

Sementara itu. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, dalam pertemuan, ia meminta setiap bidang dalam pelaksanaan HUT RI tersebut agar dapat segera melakukan pembahasan persiapan masing-masing bidang sesuai dengan kondisi IKN. 

Selain itu, Heru juga meminta kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk segera menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lebih cepat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Heru pun meminta agar proses latihan pasukan tersebut agar dapat dimulai dengan segera. 

"Paskibra yang biasanya itu baru terbentuk itu sekitar bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi, termasuk pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI kalau bisa mulai Maret sudah ada, sehingga latihannya sudah sedini mungkin. Yang pertama mungkin latihannya ada di Jakarta dibuat simulasi mirip seperti di IKN, dan lanjut nanti persiapan-persiapannya di bulan Juni, Juli, dan Agustus,” imbuhnya. 

Kemudian, terkait dukungan sarana prasarana, Heru menuturkan, telah dimulai juga pembahasan mengenai akomodasi untuk kebutuhan menginap setiap pihak yang akan terlibat dalam gelaran HUT RI perdana di IKN. Heru menyebut nantinya akomodasi akan tersebar di sejumlah tempat. 

Baca Juga: Batch 1 Pembangunan IKN Capai 70,2% Hingga Akhir 2023

Heru menambahkan, dalam waktu dekat akan kembali dilaksanakan pertemuan dan juga survei lapangan secara terbatas untuk memastikan kesiapan langsung di IKN. “Pimpinan-pimpinan tertentu, kami akan ke sana untuk membahas detail rute, rute pasukan Paskibra, rute pasukan, kesiapan pasukan inti bagaimana, itu di dalam istana,” ujarnya.

Sementara pada pelaksanaannya nanti, Heru menyebut HUT RI perdana di IKN tersebut akan tetap menyesuaikan kondisi di IKN. Heru mengatakan bahwa terdapat kemungkinkan untuk mengundang masyarakat secara hybrid.

“Kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan, kesiapannya, jumlahnya berapa tadi dihitung-hitung kurang lebih 2.000 kiri kanan, dan juga kombinasi hybrid kan, hybrid juga kita bisa undang seperti saat kita merayakan HUT pada tahun 2020 dan 2021—hybrid,” imbuhnya.

Selanjutnya: Luncurkan RDN Syariah Online, BSI Bidik Pertumbuhan Nasabah hingga 15% Tiap Tahun

Menarik Dibaca: Cermati Invest Gandeng BNI Asset Management Sasar Nasabah Ritel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×