kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah tiba di Indonesia, 1,8 juta vaksin Sinovac dari China dibawa ke Bio Farma


Kamis, 31 Desember 2020 / 18:03 WIB
Setelah tiba di Indonesia, 1,8 juta vaksin Sinovac dari China dibawa ke Bio Farma
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan keterangan usai kedatangan 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac di Terminal Cargo Bandara Soekarno-Hatta, Kamis, 31 Desember 2020.


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Sebanyak 1,8 juta vaksin Covid-19 dari Sinovac China tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (31/12/2020). Vaksin tersebut merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya 1,2 juta vaksin Sinovac tiba pada 6 Desember 2020. 

"Alhamdulillah, hari ini telah tiba 1,8 juta vaksin Sinovac di Indonesia. Untuk selanjutnya vaksin akan dikirim ke Bio Farma Bandung untuk penyimpanan sesuai dengan protokol penyimpanan vaksin secara aman sesuai dengan standar WHO," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam rilisnya, Kamis (31/12/2020). 

Retno menjelaskan, dalam waktu dekat akan datang 15 juta dosis bahan baku vaksin dari Sinovac China. Bahan baku tersebut nantinya akan diproduksi Bio Farma untuk menjadi vaksin siap pakai. Selain itu, sejak awal pemerintah terus menjalin komunikasi untuk mengamankan suplai vaksin Covid-19 dari berbagai sumber atau perusahaan lainnya. Seperti dengan Novavax dan AstraZeneca. 

"Kemarin Indonesia telah menandatangani komitmen suplai dari Novavax dengan menggunakan platform protein subunit rekombinan yang berasal dari Amerika Serikat sebesar 50 juta dosis. Kemudian dengan AstraZeneca dengan menggunakan platform viral vector berasal dari Inggris, juga sebesar 50 juta," tuturnya. 

Pemerintah juga sedang melakukan pembicaraan intens dan berkesinambungan dengan perusahaan lainnya, BioNTech-Pfizer, dari Jerman-Amerika Serikat untuk komitmen pengadaan vaksin Covid-19 lainnya. 
Khusus vaksin yang berasal dari AstraZeneca, Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA) atau regulator terhadap bahan obat dan alat kesehatan Inggris telah mengeluarkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin tersebut. 

Baca Juga: Vaksin COVID-19 akan segera didistribusikan ke 34 provinsi

Hal tersebut menjadi kabar baik karena MHRA memiliki mekanisme reliance dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia. "Melalui mekanisme reliance ini proses penerbitan emergency use authorization atas vaksin AstraZeneca di Indonesia akan lebih mudah. Hasil emergency use authorization di Inggris ini dapat dijadikan basis dan review dikeluarkannya emergency use authorization di Indonesia," imbuh Retno. 

Tentunya, sambung Retno, proses penerbitan EUA tidak akan pernah mengkompromikan aspek keamanan, efektivitas, dan kualitas vaksin yang nantinya akan diberikan gratis kepada masyarakat. Pemerintah terus berkoordinasi untuk memastikan infrastruktur logistik vaksin di dalam negeri sesuai dengan kebutuhan jenis vaksin yang dipesan sehingga dapat mendistribusikan vaksin tersebut ke seluruh Indonesia dengan baik. 

Sebelumnya, pesawat Boeing 777-300 ER dari maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-890D lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, kemarin (30/12/2020) sekitar pukul 19.55 WIB. Pesawat mendarat di Beijing Capital International Airport, Kamis (31/12), sekitar pukul 04.00 waktu setempat. 

Vaksin yang dimuat dalam 11 Envirotainer tersebut kemudian langsung diterbangkan ke Jakarta dengan pesawat yang sama dan mendarat sekitar pukul 11.55 WIB. Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, vaksin kemudian dibawa ke gudang Garuda Indonesia terlebih dahulu untuk dilakukan pengisian ulang daya Envirotainer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiba di Indonesia, 1,8 Juta Vaksin Sinovac dari China Langsung Dibawa ke Bio Farma"

Selanjutnya: Indonesia tandatangani komitmen suplai vaksin COVID-19 dari Novavax dan AstraZeneca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×