kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45777,08   1,78   0.23%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Setelah 2,5 tahun, polisi akhirnya menangkap penyerang penyidik KPK Novel Baswedan


Jumat, 27 Desember 2019 / 18:26 WIB
Setelah 2,5 tahun, polisi akhirnya menangkap penyerang penyidik KPK Novel Baswedan
ILUSTRASI. Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah 2,5 tahun berlalu, polisi akhirnya menangkap penyerang penyidik KPK Novel Baswedan. Saat ini, dua pelaku yang diamankan berstatus anggota polisi aktif. Polisi perlu waktu lama dan memeriksa 73 orang saksi sampai akhirnya menemukan titik terang kasus ini. 

"Kemudian juga memeriksa beberapa saksi yang sekitar 73 saksi. informasi tadi malam kita mengamankan terduga pelaku di Cimanggis, Depok," tutur Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (27/12). 

Baca Juga: Penyerang Novel Baswedan ditangkap, pelakunya merupakan anggota Polri aktif

Argo menyebutkan penyidik juga melakukan pra rekonstruksi sebanyak 7 kali. Dua pelaku yang ditangkap yakni RM dan RB. Keduanya ditangkap di Cimanggis, Depok pada Kamis (26/12) malam. 

 Argo tak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai jabatan dan kesatuan kedua pelaku. Dia mengatakan itu nanti akan disampaikan setalah proses pemeriksaan. Setelah dilakukan penangkapan, kedua pelaku pun dibawa ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa lebih lanjut. 

"Bersabar ini sedang pemeriksaan awal. Belum bisa kami sampaikan karena masih dalam pemeriksaan," ucap dia. 

Baca Juga: Bill Gates rela begadang sampai pukul 3 pagi karena membaca buku ini

Novel diserang pada 11 April 2017 saat berjalan menuju kediamannya, setelah menunaikan ibadah shalat Subuh di Masjid Al Ihsan, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Akibat penyiraman air keras ini, kedua mata Novel terluka parah. Dia sempat menjalani operasi mata di Singapura. 

Berbagai upaya telah dilakukan sebelumnya, namun polisi mengaku kesulitan menangkap pelaku atau dalang penyerangan terhadap Novel Baswedan. Polisi bahkan telah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta pada tahun ini. Namun, hingga masa kerja tim itu berakhir, pelaku saat itu tidak berhasil ditangkap. 

Presiden Joko Widodo juga sempat memberi target ke Kapolri terdahulu, Jenderal Pol Tito Karnavian, untuk mengungkap kasus Novel dalam tiga bulan. Target itu diberikan Jokowi pada 19 Juli, setelah tim gabungan pencari fakta yang dibentuk Tito gagal mengungkap kasus tersebut. 

Baca Juga: HUT ke 62, Pertamina jalin kerjasama dengan tiga emiten BUMN dan MIND ID

Namun hingga tenggat waktu yang diberikan berakhir, kasus Novel belum juga terungkap. Jokowi justru mengangkat Tito Karnavian menjadi menteri dalam negeri. (Muhammad Isa Bustomi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyerang Novel Baswedan Ditangkap Setelah Penyidik Periksa 73 Saksi"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×