kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sertijab, Suahasil Nazara resmi gantikan Wamenkeu Mardiasmo


Jumat, 25 Oktober 2019 / 19:30 WIB
Sertijab, Suahasil Nazara resmi gantikan Wamenkeu Mardiasmo
Sertijab Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo kepada Suahasil Nazara


Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara secara resmi menerima memorandum jabatan setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo pagi hari ini, (25/10).   

Suahasil menduduki posisi Wakil Menteri Keuangan, mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk periode 2019-2024.  

Suahasil menggantikan posisi Wamenkeu periode 2014-2019 Mardiasmo. Selain menyerahkan jabatannya kepada Suahasil, Mardiasmo juga resmi meninggalkan Kemenkeu setelah meniti karier selama 19 tahun di sana.

Baca Juga: Diangkat jadi wakil menteri BUMN, ini yang akan dilakukan Budi Gunadi dan Kartika

Dalam sambutannya pada acara Sertijab Wamenkeu, Sri Mulyani berharap transisi posisi Wamenkeu dapat berjalan lancar. 

“Karena Pak Suahasil sudah bagian dari internal Kemenkeu juga jadi diharap transisi bisa berjalan dengan baik. Kepada Pak Mardiasmo, saya berterima kasih untuk pengabdiannya untuk keuangan negara selama ini,” tuturnya. 

Adapun Suahasil mengakui, dalam melanjutkan tugasnya yang baru sebagai Wamenkeu, ia dan jajaran bendahara umum negara menghadapi tantangan perekonomian global maupun nasional yang tidak mudah. 

Perlambatan ekonomi global telah terefleksi pada perekonomian Indonesia dan berimbas pada prospek pertumbuhan ekonomi, penerimaan negara dan APBN secara keseluruhan, maupun variabel-variabel ekonomi makro lainnya. 

“Kita harus benar-benar menjaga APBN agar bisa melewati masa ini dengan stabil. Kombinasi berbagai kebijakan mulai dari sisi penerimaan, pengeluaran dan pembiayaan harus memberi dampak maksimal ke pertumbuhan dan pemerataan,” tutur mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu itu. 

Di samping itu, pria kelahiran Nias tahun 1970 itu mengatakan, salah satu tanggung jawabnya kali ini sebagai Wamenkeu ialah memastikan koordinasi antar unit eselon berjalan lancar dan koheren.  

Baca Juga: Suahasil Nazara, putra Nias yang menjadi Wakil Menteri Keuangan

Suahasil Nazara mengawali karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak 1999. Pada tahun 2009, ia mendapatkan gelar Guru Besar (Profesor) di bidang Ilmu Ekonomi.  

Suahasil pernah menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang Desentralisasi Fiskal pada 2009-2011.  Ia juga pernah memegang jabatan Wakil Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) pada periode 2009-2015. 

Jabatan lain yang pernah didudukinya adalah Koordinator Pokja Kebijakan di Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada Kantor Wakil Presiden RI (2010-2015),

Baru mulai  6 Februari 2015 menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal, dan pada tanggal 31 Oktober 2016 dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai pejabat definitif Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. 

Baca Juga: Suahasil Nazara ditunjuk jadi Wakil Menteri Keuangan mendampingi Sri Mulyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×