kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selamat Ulang Tahun Ke-61, Hari Ini 21 Juni Tanggal Lahir Presiden Jokowi


Selasa, 21 Juni 2022 / 07:14 WIB
Selamat Ulang Tahun Ke-61, Hari Ini 21 Juni Tanggal Lahir Presiden Jokowi
ILUSTRASI. Selamat Ulang Tahun Ke-61, Hari Ini 21 Juni Tanggal Lahir Presiden Jokowi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selamat ulang tahun ke-61 Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hari ini tanggal 21 Juni 1961 adalah hari kelahiran Presiden Jokowi.

Pada hari ulang tahun ke-61, Presiden Jokowi mendapatkan banyak ucapan selamat dari banyak pihak. Ucapan selamat ulang tahun ke-61 disampaikan kepada Presiden Jokowi melalui akun media sosial, salah satunya Instagram @Jokowi.

Salah satunya dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. "Selamat ulang tahun Bapak presiden RI @Jokowi yang ke-61 tahun, barakallah fii umrik. Saya, keluarga serta juta-an masyarakat Indonesia akan selalu mendoakan bapak, semoga Allah SWT melimpahkan sebanyak-banyaknya rahmat, karunia, nikmat sehat, rezeki berlimpah yang barokah, terus-menurs dalam lindungan Allah SWT AAmiin Ya Rabbal'alamin" begitu potongan bunyi pesan akun resmi Menparekraf @Sandiuno.

Meski mendapat banyak ucapan selamat ulang tahun ke-61, akun Instagram @Jokowi belum memberikan respon. Namun, selama ini Presiden Jokowi memang tidak pernah merayakang ulang tahun dengan perayaan khusus.

Jokowi mengaku tidak terbiasa merayakan hari kelahirannya dengan menyelenggarakan acara spesial. Hal itu disampaikannya saat momen hari ulang tahun ke-60 pada tahun 2021 lalu melalui akun Instagram pribadinya @jokowi.

"Seperti tahun-tahun yang silam, saya tak terbiasa merayakan hari ulang tahun sendiri. Apalagi sekarang, di tengah negeri ini sedang membutuhkan kerja keras kita semua untuk bersama-sama keluar dari pandemi," kata Jokowi.

Baca Juga: Omicron Bikin Covid-19 Melonjak Pada Juni 2022, Ini Instruksi Jokowi

Profil Presiden Jokowi

Mengutip website PresidenRI.go.id, Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961. Jokowi lahir di di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jokowi adalah putra sulung dari pasangan Notomihardjo dan Sudjiatmi. Jokowi memiliki tiga adik perempuan dan satu adik laki-laki tetapi meninggal saat proses persalinan. Tahun 2022 ini, salah satu adik perempuannya Ida Yati diperistri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Jokowi pertama kali terjun ke pemerintahan sebagai Wali Kota Surakarta (Solo) pada 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012. Sebelumnya, Jokowi menjalani profesi sebagai pengusaha mebel di Solo.

Selepas itu, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012 sebelum terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Saat Pilpres tersebut Joko Widodo terpilih bersama pasangannya, Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin dan dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan 2019 hingga 2024 mendatang.

Pembangunan infrastruktur menjadi program prioritas di masa kepemimpinannya yang pertama. Pembangunan yang dilakukan secara merata hingga ke daerah terluar Indonesia ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dalam sektor ini dibandingkan negara-negara lain.

Program prioritas tersebut dibarengi dengan program berupa bantuan sosial seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), hingga Program Keluarga Harapan (PKH). Selain itu, sejak awal masa jabatannya, Jokowi juga mengupayakan reforma agraria dengan salah satunya melakukan percepatan penerbitan sertifikat hak atas tanah untuk mengurangi terjadinya sengketa lahan oleh karena ketiadaan sertifikat.

Di masa jabatannya yang kedua, Joko Widodo mengalihkan fokus pemerintahan pada pembangunan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara-negara lainnya. Adapun program pembangunan infrastruktur masih terus dilanjutkan bersamaan dengan itu.

Kini, karier politik Jokowi mulai diturunkan ke anak dan menantunya. Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka telah menjabat sebagai Wali Kota Solo. Lalu menantu Jokowi, Mohammad Bobby Afif Nasution, suami dari nak kedua adalah Kahiyang Ayu menjadi Wali Kota Medan.

Selamat ulang tahun ke-61 Presiden Jokowi. Semoga Presiden Jokowi selalu sehat dan berhasil membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×