kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,67   -0,77   -0.08%
  • EMAS937.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Selain Jokowi, ini nama-nama tokoh & pahlawan RI yang jadi nama jalan di luar negeri


Selasa, 20 Oktober 2020 / 16:26 WIB
Selain Jokowi, ini nama-nama tokoh & pahlawan RI yang jadi nama jalan di luar negeri
Peresmian jalan President Joko Widodo Street di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Nama Presiden Joko Widodo baru saja dijadikan nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Selasa (20/10/2020). Hal itu membuat bertambahnya daftar tokoh dari Indonesia yang namanya digunakan untuk nama jalan di luar negeri.

Nama-nama jalan di luar begeri yang diambil dari nama tokoh Indonesia sebelumnya adalah Jalan Sukarno di Rabat (Maroko) dan Jalan Mohammad Hatta di Harleem (Belanda). Ada juga Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam (Belanda).

Nama pahlawan Indonesia lain yang menjadi jalan adalah Pattimura di Wierden (Belanda), Christina Martha Tiahahu yang juga ada di Wierden. Ada juga nama Sutan Syahrir yang menjadi jalan di tiga kota di Belanda.

Tidak hanya itu, nama pejuang hak asasi manusia Indonesia Munir Said Thalib juga diabadikan menjadi nama jalan. Jalan Munir terbentang di Den Haag (Belanda).

Adapun, peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan pada Senin (19/10/2020) pukul 16.45 waktu setempat. Kegiatan tersebut dihadiri Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) serta sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality.

Baca juga: Inilah gejala dan cara membersihkan usus kotor secara alami 

"Mereka bersama-sama menyaksikan penyingkapan tirai merah yang sebelumnya menutup nama jalan tersebut," kata Koordinator Fungsi Pensosbu KBRI Abu Dhabi Nur Ibrahim lewat keterangan tertulis resmi KBRI Abu Dhabi, Selasa (20/10/2020).

Penamaan jalan Presiden Joko Widodo merefleksikan hubungan erat RI – UEA, sekaligus bentuk penghormatan Pemerintah UEA kepada Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral kedua negara. Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dan Embassy Area.

Kawasan itu ditempati sejumlah kantor perwakilan diplomatik. Nama jalan ini sebelumnya adalah Al Ma’arid Street (dalam bahasa Indonesia artinya ekshibisi/pameran) yang menghubungkan Jalan Rabdan dengan Jalan Tunb Al Kubra.

Jokowi pun menyatakan penobatan namanya menjadi nama jalan di Uni Emirat Arab (UEA) merupakan bentuk penghormatan terhadap Indonesia. "Jalan yang membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah kantor perwakilan diplomatik itu menggunakan nama saya," kata Jokowi pada akun resmi media sosialnya, Selasa (20/10/2020).

"Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia," ucap Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Hanya Jokowi, tapi Soekarno, Hatta, hingga Munir Juga Jadi Nama Jalan di Luar Negeri",

Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Bayu Galih

Selanjutnya: Ada voucher belanja di katalog promo Tupperware Oktober 2020 khusus alat memasak

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan cepat Strategi Pemasaran Berbasis KPI

[X]
×