CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Selain Jakarta, Covid-19 Omicron Juga Ditemukan Di Bandung, Medan, Surabaya Dll


Senin, 17 Januari 2022 / 07:15 WIB
Selain Jakarta, Covid-19 Omicron Juga Ditemukan Di Bandung, Medan, Surabaya Dll
ILUSTRASI. Selain Jakarta, Covid-19 Omicron Juga Ditemukan Di Bandung, Medan, Surabaya Dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Waspada Covid-19 Omicron di Indonesia sudah menyebar ke banyak daerah. Tak hanya di Jakarta, Covid-19 Omicron juga telah terdeteksi di berbagai kota.

Sejak pertama kali terdeteksi di Indonesia pada 16 Desember 2021, virus corona varian Omicron kini mulai terdeteksi di sejumlah daerah di Indonesia. Sebelumnya, kasus pertama varian Covid-19 Omicron Indonesia terdeteksi pada seorang seorang petugas kebersihan berinisial N yang bekerja di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Sementara update terbaru Covid-19 Omicron di Indonesia terdeteksi pada warga Malang, Jawa Timur. Berikut ini sejumlah daerah yang melaporkan adanya kasus Covid-19 Omicron di Indonesia:

1. Covid-19 varian Omicron Malang, Jawa Timur

Diberitakan Kompas.id, Sabtu (15/1/2022), sebanyak 3 warga Desa Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron Indonesia. Pasien Covid-19 varian Omicron Indonesia itu adalah dua ibu dan seorang anak berusia.

Ketiganya sudah menjalani isolasi terpusat di Rusunawa Kepanjen sejak Jumat (14/1/2022). Sementara itu, puluhan orang menjalani pemeriksaan terkait kontak erat dengan pasien terpapar.

”Benar ada warga Singosari yang terpapar Omicron. Kondisi ketiganya baik dan stabil. Saat ini sudah dilakukan tracking, tracing, dan testing. Ada 23 orang yang menjalani pemeriksaan, yaitu 6 orang menjalani swab antigen dan 17 orang menjalani tes PCR,” kata Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Sabtu (15/1/2022).

Baca Juga: Melonjak Cepat, Menkes: Puncak Kasus Omicron Diprediksi Terjadi dalam 35-36 Hari

2. Covid-19 varian Omicron Bogor, Jawa Barat

Diberitakan Kompas.com, 11 Januari 2022, seorang warga Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron Indonesia. "Yang jelas khusus di Kabupaten Bogor itu memang ada satu yang sudah kena (Omicron) di Dramaga," ungkap Komandan Korem (Danrem) 061 Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi.

Dari kasus Covid-19 varian Omicron Indonesia tersebut, Satgas Covid-19 sudah melakukan tracing kepada 10 orang yang sempat kontak erat dengan pasien berusia 28 tahun itu. Kini, warga yang terpapar Omicron itu menjalani isolasi dan perawatan di salah satu rumah sakit rujukan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina mengungkapkan bahwa warga Dramaga tersebut tertular varian Omicron melalui penyebaran atau transmisi lokal. Mike menyebutkan, pasien yang merupakan seorang laki-laki berusia 28 tahun ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Dia terpapar karena melakukan perjalanan ke Jakarta.

3. Covid-19 varian Omicron Tangerang Selatan, Banten

Diberitakan Kompas.com, 12 Januari 2022, sebanyak 4 kasus Covid-19 varian Omicron Indonesia terlacak di Kota Tangerang Selatan, provinsi Banten. Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia ini diketahui terjadi pada seorang pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dan tiga transmisi lokal.

"Kasus Covid-19 varian Omicron di Kota Tangerang Selatan sebanyak 4 kasus positif Omicron. Satu kasus berasal dari perjalanan luar negeri dan tiga transmisi lokal," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar.

Sementara itu dilaporkan pada 7 Januari 2022, terdapat 29 orang yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron di provinsi Banten. Diberitakan Kompas.com, 7 Januari 2022, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan sebanyak 29 orang dinyatakan positif setelah melakukan perjalanan dari luar negeri dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

"Kita ada 29 (kasus). Tapi kita masih cari, masih investigasi, telusuri 29 (kasus) itu di mana, ternyata katanya di bandara, diumumkan oleh Kementerian Kesehatan dari bandara," ungkap Wahidin.

Dia menjelaskan 29 orang tersebut menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

4. Covid-19 varian Omicron di Bandung, Jawa Barat

Pada 12 Januari 2022, sebanyak 4 orang warga Kabupaten Bandung dinyatakan positif terpapar virus Covid-19 varian Omicron. Diberitakan Kompas.com, 12 Januari 2022, 4 warga tersebut sempat melakukan perjalanan luar negeri tepatnya ke negara di Afrika.

Sepulang dari negara yang terdampak Omicron itu, mereka melakukan isolasi di Wisma Atlet selama 14 hari, dan melanjutkan isolasi mandiri di kediamannya selama 10 hari. Namun, setelah isolasi mandiri lanjutan, dan melakukan tes PCR dan WGS kembali, pasien yang terdiri dari satu keluarga tersebut menunjukkan gejala Covid-19 varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana mengungkapkan, varian Omicron ini awalnya terdeteksi dari salah satu keluarga tersebut yakni sang ayah. Usai pulang isolasi dari Wisma Atlet, sang ayah sempat melakukan kontak erat dengan keluarga dan saudaranya di wilayah Kabupaten Bandung.

5. Covid-19 varian Omicron di Surabaya, Jawa Timur

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengumumkan temuan kasus pertama Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron di Jawa Timur pada 2 Januari 2022. Melansir Kompas.com, 3 Januari 2022, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Dr. Erwin Astha Triyonno mengungkapkan kronologi pasien pertama yang terpapar varian Omicron.

Menurut Erwin, kasus pertama Omicron ini terdeteksi pada seorang warga Surabaya berinisial TYC yang baru saja berlibur ke salah satu tempat wisata di Bali selama 5 hari bersama suaminya berinisial SJJ menggunakan kendaraan pribadi. "Dinkes Jatim telah mendeteksi seorang pasien terkonfirmasi Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan whole-genome sequencing (WGS) yang keluar pada tanggal 2 Januari 2022." kata Erwin.

Erwin menjelaskan bahwa TYC bersama suaminya SJJ berlibur ke Bali mulai 20 Desember 2021. Namun, sepulang dari perjalanan wisata pada 25 Desember 2021, TYC mengalami keluhan sakit pada tenggorokan, yaitu merasakan seperti ada lendir.

6. Covid-19 varian Omicron di DKI Jakarta

DKI Jakarta merupakan salah satu daerah yang sudah mendeteksi banyak kasus Omicron. Melansir Kompas.com, 13 Januari 2022, hingga 12 Januari 2022 kasus Covid-19 varian omicron di DKI Jakarta ada sebanyak 498 orang.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan dari angka tersebut, sebanyak 17,9 persen atau sekitar 89 kasus berasal dari transmisi lokal dan 80,1 persen atau 409 kasus sisanya berasal dari perjalanan luar negeri. "Omicron ini kan terakhir 498 orang, yang dirawat di Wisma Atlet dan RSPI Soelianti Saroso ya," kata Riza.

Omicron pertama kali terdeteksi di Jakarta pada 16 Desember 2021 lalu. Kemudian kasus meningkat tajam dalam waktu kurang dari satu bulan.

7. Covid-19 varian Omicron di Medan, Sumatera Utara

Medan adalah tempat pertama yang mendeteksi kasus Covid-19 varian Omicron Indonesia dengan transmisi lokal. Diberitakan Kompas.com, 30 Desember 2021, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan satu kasus transmisi lokal atau penyebaran antarwarga kasus Covid-19 berjenis B.1.1.529 atau varian Omicron di Indonesia pada seorang warga Medan berusia 37 tahun.

Pasien Covid-19 varian Omicron Indonesia diisolasi di Jakarta.

Pasien kasus pertama penularan lokal itu tinggal bersama istrinya di Medan dan mengunjungi Jakarta satu bulan sekali. Pasangan suami istri itu tiba di Jakarta pada 6 Desember. Kemudian pada 17 Desember, keduanya sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD Jakarta.

Selanjutnya, saat hendak kembali ke Medan pada 19 Desember, keduanya melakukan tes antigen. Sang suami dinyatakan positif, sementara istrinya negatif. Lalu dilakukan PCR pada tanggal 20 Desember dan konfirmasi varian Omicron didapatkan dari laboratorium pada tanggal 26 Desember.

Cara mencegah Covid-19 Omicron

Dilansir dari WHO, cara mencegah Covid-19 Omicron sama seperti varian virus corona lainnya. Cara mencegah Covid-19 Omicron adalah dengan menjalankan protokol kesehatan yang meliputi:

  • Memakai masker
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas
  • Mencuci tangan menggunakan sabun

Selain itu, masyarakat dihimbau untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 bisa meningkatkan kekebalan atau antibodi terhadap virus corona varian apapun termasuk Omicron.

Vaksin Covid-19 juga bisa mengurangi keparahan akibat infeksi virus corona, baik Delta, Omicron maupun varian lainnya.

Itulah data penyebaran kasus Covid-19 Omicron di Indonesia yang sudah ada di Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung dll. Jadi, tetaplah disiplin menjalankan protokol kesehatan.

(Sumber: Kompas.com/Daniel Pekuwali, Sania Mashabi, Ghinan Salman, Agie Permadi, Rasyid Ridho, Annisa Ramadani Siregar, Afdhalul Ikhsan, Priska Sari Pratiwi | Editor: Ivany Atina Arbi, Khairina, I Kadek Wira Aditya, Irfan Maullana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Daerah di Indonesia yang Sudah Mendeteksi Varian Omicron",


Penulis : Nur Fitriatus Shalihah
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×