kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Purnawirawan Jenderal TNI-Polri Gabung PDI-P, Termasuk Atlet Yayuk Basuki


Minggu, 30 Oktober 2022 / 14:34 WIB
Sejumlah Purnawirawan Jenderal TNI-Polri Gabung PDI-P, Termasuk Atlet Yayuk Basuki
ILUSTRASI. Kader Partai PDI Perjuangan


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah purnawirawan jenderal dari institusi TNI dan Polri bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Sejumlah purnawirawan tersebut di antaranya Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito, Laksmana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji, Mayjen TNI (Purn) Gunawan Pakki, Mayjen TNI (Purn) Saud Tamba Tua, dan Brigjen TNI (Purn) Donar Philip.

Selain itu, ada Irjen Pol (Purn) H. Fakhrizal yang pernah menjabat Kapolda Kalimantan Tengah dan Kapolda Sumatera Barat.

Selain keenam purnawirawan tersebut, ada 198.354 anggota baru PDI Perjuangan. Mereka mengikuti pembekalan partai bagi anggota baru Minggu (30/10/2022).

Baca Juga: Prabowo Subianto Puji Jokowi Soal Penanganan Pandemi Covid-19

"Ini adalah rangkaian kursus politik bagi anggota baru yang tahun ini sebanyak 198.354 dan pada batch pertama ini dilakukan secara hybrid sebanyak 1.000 orang. Mengapa 1.000 orang? Karena kapasitasnya memang begitu dan dilakukan terus menerus di bawah tanggung jawab Pak Djarot," ujar Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto di Sekolah PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (30/10/2022).

Selain itu, ada seorang atlet wanita lapangan tenis, Yayuk Basuk yang juga bergabung sebagai kader PDI Perjuangan. Menurut Hasto, para anggota baru itu bergabung secara sukarela atas kesadaran diri sendiri.

Hasto menekankan, ketika mereka sudah resmi berabung PDI-P dan menerima kartu tanda anggota (KTA), mereka harus menyatukan diri dengan partai dan meluruhkan kepentingan pribadinya.

"Sesuai konstitusi kita. Mereka masuk PDI Perjuangan prinsipnya sukarela. Karena mereka memahami bagaimana ideologi PDI Perjuangan, bagaimana sejarah PDI Perjuangan bahkan ada emosional bonding dengan PDU Perjuangan sehingga mereka bergabung karena prinsip sukarela," kata dia.

Baca Juga: Surya Paloh: Ada yang Mengatakan Betapa Bodohnya Nasdem Mengusung Anies Baswedan

Ia juga berharap, setelah bergabung, para anggota baru memiliki kesadaran organisasi PDI Perjuangan dan ideologi yang berdasarkan pada Pancasila.

"Kemudian ketiga kesadaran poltiik tentang bagaimana mencapai cita-cita adil dan makmur pemahaman terhadap ide hukum Bung Karno, gagasan tri sakti Bung Karno," kata Hasto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Purnawirawan Jenderal TNI-Polri dan Atlet Yayuk Basuki Gabung PDI-P"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×