kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sejumlah Kader Golkar Deklarasikan Relawan Go-Anies


Senin, 24 Oktober 2022 / 16:57 WIB
Sejumlah Kader Golkar Deklarasikan Relawan Go-Anies
ILUSTRASI. Anies Baswedan


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah kader Partai Golkar mendeklarasikan pembentukan kelompok relawan Go-Anies untuk mendukung pencalonan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada 2024 mendatang.

Koordinator Nasional Go-Anies Sirajuddin Abdul Wahab menyatakan, meski anggota Go-Anies didominasi oleh Partai Golkar, kelompok tersebut tidak ada kaitannya dengan Golkar.

Baca Juga: LSI: Warga DKI Jakarta Merasa Tak Ada Perubahan Ekonomi Selama Anies Memimpin

"Kami ini kan memang berangkat daripada kader Golkar tapi dalam konteks Go-Anies ya tidak ada kaitannya dengan Partai Golkar, jadi kebetulan saja memang bahwa kami ini adalah Partai Golkar," kata Sirajuddin saat dihubungi, Senin (24/10/2022).

Sirajuddin mengatakan, kader-kader Golkar yang bergabung dalam Go-Anies pun kini sudah tidak lagi duduk di struktur kepengurusan partai berlambang pohon beringin tersebut.

Sirajuddin menegaskan, kelompok relawan yang ia bentuk itu sama sekali tidak membawa identitas Golkar, baik nama maupun lambang Golkar.

Menurut dia, hanya kebetulan saja bahwa Go-Anies dan Golkar memiliki identitas warga yang sama yakni kuning.

"Kebetulan saja bahwa Golkar itu warnanya kuning, Go-Anies juga warnanya kuning, enggak bisa Golkar mengeklaim dirinya bahwa kuning itu adalah satu-satunya milik Partai Golkar di republik ini," ujar Sirajuddin.

Ia pun menjelaskan, alasannya membentuk Go-Anies karena berkaca dari hasil survei sejumlah lembaga yang menunjukkan bahwa banyak pemilih Golkar maupun partai politik lainnya yang mendukung Anies.

"Pemilih-pemilih partai itu condong memilih Anies dalam konteks memilih presiden ya kami coba mewadahilah aspirasi itu. Toh dalam konteks memilih, itu kan hak konstitusional setiap orang warga negara," kata dia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Siap Jadi Capres Pemilu 2024, Cermati Profil & Jejak Karirnya

Sirajuddin menambahkan, ia juga menilai Anies memiliki rekam jejak yang baik selama memimpin DKI Jakarta selama 5 tahun terakhir. "Kita anggap bahwa yang dilakukan di Jakarta ini sudah sungguh luar biasa, ekskalasinya harus ditingkatkan, bahwa beliau sudah pas untuk memimpin Indonesia 2024, itulaj yang melatarbelakangi kami melahirkan Go-Anies," ujar Sirajuddin.

Seperti diketahui, Anies telah dideklarasikan sebagai calon presiden oleh Partai Nasdem. Sementara itu, Partai Golkar telah menetapkan ketua umumnya, Airlangga Hartarto, sebagai calon presiden berdasarkan hasil musyawarah nasional dam rapat pimpinan nasional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kader Golkar Deklarasikan Kelompok Relawan Go-Anies"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×