kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,63   -7,01   -0.68%
  • EMAS932.000 -0,96%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Sebanyak 4,52 juta keluarga sudah terima BLT dana desa


Sabtu, 23 Mei 2020 / 18:15 WIB
Sebanyak 4,52 juta keluarga sudah terima BLT dana desa
ILUSTRASI. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi mencatat, hingga Sabtu (23/5), terdapat 4,52 juta keluarga penerima manfaat yang sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa dengan nilai Rp 2,71 triliun. 

“Hari ini BLT dana desa telah tersalur ke 4.52 juta KPM dengan nilai Rp 2.71 triliun,” ujar Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/5).

Baca Juga: Presiden Jokowi sampaikan ucapan selamat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah

Adapun, BLT Dana Desa tersebut sudah diterima KPM di 44.035 desa atau 74% dari 59.453 desa yang telah menerima transfer dana desa ke rekening kas desa. “Kita memang berkejaran dengan dana desa yang tersalur ke desa, agar segera dibelanjakan sebagai BLT Dana Desa,” kata Badul.

Abdul juga menerangkan, desa yang benar-benar siap menyalurkan BLT Dana Desa ditandai telah selesai melakukan musyawarah desa khusus. Musyawarah desa khusus tersebut untuk menetapkan keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa. 

Menurut Abdul sudah 59.238 desa telah melakukan musyawarah desa khusus atau 99,6% dari desa telah mendapat transfer dana desa.

Baca Juga: Kabar baik, alokasi BLT dana desa naik jadi Rp 2,7 juta per keluarga

Lebih lanjut, Abdul menerangkan Kementerian PDTT sudah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mempermudah dan mempercepat desa dalam mencairkan dana desa dan mempermudah penyaluran BLT Dana Desa kepada warganya. 

Kerja sama telah dijalankan bersama Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan mendapat dukungan bupati serta walikota. Bahkan, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) menjadi mitra Relawan Desa Lawan Covid-19 untuk menjaga kondusivitas proses penyaluran BLT Dana Desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×