kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SBY menanam pohon di hutan kota


Rabu, 28 November 2012 / 07:54 WIB
SBY menanam pohon di hutan kota
ILUSTRASI. Manfaat Daun Kenikir yang Tidak Banyak Orang Ketahui


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan memimpin puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2012, pada hari ini, Rabu (28/11).

Biro pers Kepresidenan menginformasikan, pelaksanaan acara akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB, bertempat di Kawasan Hutan Kota, Kompleks Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten.

Rencananya, SBY akan menanam pohon Manglid (Manglietia glaucia)  pada acara ini.  SBY bersama dengan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta para pejabat tinggi negara dan duta besar negara sahabat juga ikut melakukan penanaman pohon.

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) setiap tanggal 28 November  dan Bulan Menanam Nasional (BMN) bulan Desember ditetapkan dengan  Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2008.

Tema peringatan HMPI dan  BMN tahun ini adalah “Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau.” Pemilihan tema ini dimaksudkan, agar Indonesia konsisten melaksanakan pembangunan  berkelanjutan dengan memanfaatkan sumber daya hutan sebagai salah satu inti penggerak perekonomian, penyediaan lapangan kerja bagi rakyat, pengentasan kemiskinan dan ramah lingkungan.

Selain SBYT, ikut pula menanam Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono yang akan menanam pohon Sempur (Dillenia SP), Wakil Presiden Boediono menanam Tanjung (Mimusops elengi), Ibu Wakil Presiden Herawati Boediono menanam Kenari (Canarrium S), dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam Cempaka (Michelia champaca) serta Ibu Menteri Kehutanan Soraya Zulkifli Hasan menanam Sawo Kecik (Manilkara kauki).

Pada kesempatan tersebut juga turut menanam pohon para pimpinan MPR RI, DPR RI dan DPD RI. Pada peringatan HMPI kali ini, Presiden RI beserta Menteri Kehutanan berkenan memberikan penghargaan kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota pemenang Lomba Penanaman Satu Miliar Pohon tahun 2011 Tingkat Nasional.

Sosok itu adalah, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, yang mendapat peringkat Platinum Gold karena berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jawa Tengah tiga kali berturut-turut sebagai juara I.

Selanjutnya Juara I tahun 2011 diterima oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, yang berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jatim melakukan penanaman pohon dengan jumlah terbanyak. Juara II dan III masing-masing diraih oleh provinsi Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Untuk tingkat Kabupaten masing-masing diterima oleh Bupati Grobogan, Bambang Pudjiono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dan Bupati Minahasa Utara Drs. Sompie S.F Singal, MBA. Sedangkan tingkat Kota masing-masing diterima oleh Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, MT, Walikota Balikpapan H.M. Rizal Effendi, SE dan Walikota Metro H. Lukman Hakim, SH, MM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×