kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas siapkan sistem monitoring dan evaluasi dalam pengetatan PPKM mikro


Rabu, 07 Juli 2021 / 17:00 WIB
Satgas siapkan sistem monitoring dan evaluasi dalam pengetatan PPKM mikro
ILUSTRASI. Kendaraan taktis jenis panser disiagakan di pos penyekatan perbatasan Depok dan Jakarta di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Selasa (6/7/2021).


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus memantau lonjakan kasus virus corona di seluruh Indonesia. Pemantauan tidak hanya dilakukan di Jawa dan Bali yang tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Pemantauan juga akan dilakukan di luar wilayah tersebut yang tengah menerapkan PPKM mikro.

Sistem monitoring dan evaluasi dibuat untuk memantau pelaksanaan PPKM. Pemantauan akan diuji coba di Jakarta dan akan dilanjutkan di wilayah lain.

"Nanti di Lampung, kita lakukan sistem yang sama dan beberapa daerah yang sudah ditetapkan untuk mengetatkan protokol kesehatan," ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito saat konferensi pers, Rabu (7/7).

Terdapat 43 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali yang memiliki assessment level 4 pandemi. Level 4 diartikan sebagai kondisi penularan yang tak terkendali dan menekan fasilitas kesehatan yang tersedia.

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19, Rabu (7/7): Vaksinasi bertambah 1,04 juta dosis

Lampung merupakan salah satu provinsi yang dipantau dengan tiga wilayah yang memiliki assessment level 4. Tiga wilayah ini antara lain adalah Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Pringsewu.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, tambahan kasus Covid-19 di Lampung mencapai 320 kasus. Ganip juga menyebut akan melibatkan berbagai pihak dari instansi untuk terlibat dalam pengawasan prilaku penerapan protokol kesehatan. "Akan kami tambah (personel) dengan security di instansi, hotel, apartemen, dan pusat keramaian sehingga data yang kita monitor lebih statis dan real time," terang Ganip.

Saat ini Satgas telah memantau tingkat kepatuhan 5.532 instansi. Masih ada 31,71% instansi yang tidak memenuhi ketentuan penerapan PPKM.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Rabu (7/7): Rekor lagi, tambah 34.379 kasus, taati prokes

Sebagai informasi, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, pada hari ini terdapat tambahan kasus harian sebanyak 34.379 kasus. Angka itu merupakan yang tertinggi selama masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, terdapat 343.101 kasus aktif di Indonesia yang tengah ditangani. Sedangkan penambahan kasus kematian kembali melampaui penambahan sebelumnya dengan 1.040 kasus.

Baca Juga: PPKM darurat, pemerintah beri bantuan beras hingga suntikan dana ke masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×