kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas PEN: Perlu Rp 180 triliun per kuartal guna menyelamatkan Indonesia dari resesi


Kamis, 03 September 2020 / 18:17 WIB
Satgas PEN: Perlu Rp 180 triliun per kuartal guna menyelamatkan Indonesia dari resesi
ILUSTRASI. Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi dan Transformasi Nasional (Satgas PEN) yakin bahwa pemerintah dapat mendongkrak perekonomian di kuartal III-2020 untuk terhindar dari resesi. 

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin menyebutkan dalam keterangan pers secara daring bahwa produk domestik bruto (PDB) Indonesia saat ini sekitar US$ 1 triliun atau lebih kurang Rp 14.500 triliun. Maka jika di bagi menjadi empat kuartal, maka per kuartalnya sebesar Rp 3.600 triliun.

Sehingga, apabila melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II yang terkontraksi negatif hingga 5 persen. Maka jika 5% dari Rp 3.600 triliun per kuartal adalah sekitar Rp 180 triliun. 

"Jika kita katakan 5% dari Rp 3.600 triliun, yang mana didapati sekitar Rp 180 triliun. Apabila  kita bisa menyalurkan ke masyarakat sebesar Rp 180 triliun per kuartal, maka bisa menutupi -5% pertumbuhan ekonomi,” kata Budi dalam konferensi daring, Rabu (3/9). 

Baca Juga: Fintech lending tertarik ikut menyalurkan kredit PEN

Ekonom IKS, Eric Sugandi menilai dana per kuartal sekitar Rp 180 triliun tersebut dapat membantu Indonesia untuk keluar dari resesi tahun depan. “Tapi untuk tahun ini tetap akan masuk resesi. Pertumbuhan ekonomi full year juga akan negatif,” kata Eric. 

Sehingga, agar bisa mencapai target Rp 180 triliun per kuartal dan mendorong Indonesia keluar dari jurang resesi maka Eric menyarankan juga agar sektor-sektor perekonomian harus secara bertahap di buka. Serta pemerintah juga mempercepat penanganan dan penyerapan program ke masyarakat. 

“Jika sektor-sektor ekonomi secara bertahap terus dibuka dan wabahnya bisa terkendali, dana itu bisa membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk bisa tumbuh positif mulai kuartal IV-2020 dan tahun depan,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×