kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas Koperasi Pantau Pembayaran Kewajiban KSP Sejahtera Bersama


Jumat, 19 Agustus 2022 / 13:37 WIB
 Satgas Koperasi Pantau Pembayaran Kewajiban KSP Sejahtera Bersama
ILUSTRASI. Satgas Koperasi Bermasalah Kementerian Koperasi dan UKM memantau ketat proses pembayaran kewajiban KSP Sejahtera Bersama.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Koperasi Bermasalah Kementerian Koperasi dan UKM, didampingi Ketua Koordinator Tim Pemantau KSP Sejahtera Bersama (SB) melakukan audiensi dengan perwakilan anggota KSP Sejahtera Bersama secara daring membahas update Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terkait dengan kewajiban pembayaran tahapan homologasi kepada anggota KSP SB.

Ketua Satgas Koperasi Bermasalah Agus Santoso mengatakan, berdasarkan pemantauan Satgas KSP-SB, setiap hari berusaha untuk melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan RAT.

“Saat ini, KSP SB walaupun tidak sesuai dengan skema PKPU yang disepakati, namun tetap berusaha untuk terus melakukan pembayaran sebesar Rp200juta per hari yang dibagi menjadi Rp500.000/hari/orang,” kata Agus dalam keterangan tertulis, Jum'at (19/8).

Baca Juga: Perjanjian Homologasi Tak Terbayar, Anggota KSP Sejahtera Bersama Ajukan Pembatalan

Agus mengungkapkan, KSP SB juga melaporkan kepada Satgas bahwa tengah berproses menjual aset agar bisa menyelesaikan kewajiban pembayaran tahap satu dan dua pada bulan Desember 2022.

“Satgas juga berharap ada calon investor yang segera masuk, sehingga pembayaran tahap tiga bisa diselesaikan sebelum RAT pada bulan Maret 2023,” kata Agus.

Menurutnya, dinamika yang dihadapi KSP SB saat ini adalah terkait dengan adanya laporan polisi yang ditangani Bareskim serta adanya dua permohonan pembatalan homologasi yang diajukan anggota KSB.

Sementara itu pada sisi lain banyak anggota yang tidak menginginkan dikabulkannya kepailitan KSP-SB.

“Satgas berharap anggota KSP SB bisa satu suara, menyamakan frekuensi untuk berupaya mengutamakan penyelesaian masalah ini dengan skema asset based resolution. Satgas Koperasi Bermasalah akan mengawal terus proses homologasi,” kata Agus.

Sementara, Ketua Koordinator Tim Pemantau KSP SB Daniel Asnur meminta anggota KSP SB tetap tenang supaya pengurus koperasi dapat bekerja dengan baik dan juga bisa fokus menghadapi sidang permohonan pembatalan homologasi di pengadilan sehingga KSB tidak pailit.

“Kami sebagai koordinator tim pemantau KSP SB, setiap hari memonitor pembayaran KSP SB kepada anggota,” kata Daniel.

Baca Juga: Tunggu Pembayaran Hasil Homologasi, Nasib Nasabah KSP Bermasalah Masih Tak Jelas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×